oleh

Perkara Kepemilikan Senpira Meningkat

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Perkara penyalahgunaan Senjata Api Rakitan (Senpira) terus terjadi, sehingga perkara kepemilikan Senpi ilegal ini mengalami peningkatan.

Data di Reskrim Polres Musi Rawas (Mura) menunjukkan peningkatan itu. Pada tahun 2016 ada empat Senpira disita dari tangan pelaku kejahatan, lalu 2017 naik menjadi enam Senpira. Dan, baru empat bulan di 2018, sudah ada lima Senpira yang diamankan. Diperkirakan hingga akhir 2018, perkara kepemilikan Senpira diyakini akan bertambah.

Dari pengakuan tersangka kepada petugas penyidik, mereka (pelaku) kejahatan sengaja membawa Senpira saat menjalankan aksinya. Dengan Senpira di tangan membuat mereka (tersangka, red) makin berani saat menjalankan aksi kejahatan. Dan korban tidak berani melakukan perlawanan, karena keselamatannya terancam.

Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kasat Reskrim, AKP Wahyu Setyo Pranoto mengakui 2018 kasus penyalahgunaan Senpira masih sering ditemukan, walaupun jumlah kejadiannya bervariasi setiap tahun.

Kasat Reskrim menegaskan, pihaknya terus berupaya melakukan penekanan dan penindakan perkara penyalahgunaan Senpira di daerah ini.

“Selama empat bulan (Januari-April) sudah lima Senpira yang disita, tidak menutup kemungkinan akan bertambah hingga akhir 2018,” kata Wahyu Setyo Pranoto.

Lebih lanjut Wahyu, sapaannya menyebutkan tersangka kejahatan dengan mudah mendapatkan Senpira karena Kabupaten Mura dan Muratara merupakan daerah perlintasan. Belum lagi, kata dia, harga jual Senpira menurut pengakuan para tersangka yang sudah ditangkap tidak mahal.

Ditanya apakah ada di wilayah hukum Polres Mura pembuatan Senpira, Wahyu menyatakan.

“Sampai saat ini belum terdeteksi adanya pembuatan Senpira, namun kami akan melakukan penyelidikan sekaligus mendeteksi apakah ada lokasi pembuatan Senpira di wilayah hukum Polres Mura dan Muratara. Kami juga berharap kepada masyarakat apabila mengetahui di mana lokasi pembuatan Senpira, tolong informasikan kepada kami, sehingga bisa melakukan penggerebekan sekaligus menangkap pelaku pembuat Senpira,” harap Wahyu.(03)

Rekomendasi Berita