oleh

Perempuan Muratara Diajak Teladani Kartini

Peringatan Kartini Sekaligus P2WKSS

PUNCAK peringatan Hari Kartini ke-139 Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Senin (23/4), terselenggara dengan meriah. Momen itu berbarengan dengan acara Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Khusus Peringatan Hari Kartini mengusung tema ‘Melalui Peringatan Hari Kartini Kita Perkuat Kesetiakawanan Sosial Untuk Mewujudkan Kesejahteraan’. Kegiatan itu berlangsung di Aula Siti Rahma RM Sederhana, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Muara Rupit, Senin (23/4).

Hadir pada momen itu, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara Lia Mustika yang membaca langsung Sejarah Kartini.

Begitu juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muratara, H Abdullah Maktjik bersama istri, juga Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Muratara, Hj Rosmiati Abdullah Maktjik.

Dalam sambutannya Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat menyampaikan P2WKSS merupakan program terpadu peningkatan perempuan dalam menyejahterakan atau meningkatkan kualitas keluarga dengan pola pendekatan lintas sektoral.

“Program ini diharapkan dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan penyuluhan pengetahuan, keterampilan dasar, kegiatan sosial serta pembangunan fisik,” kata HM Syarif Hidayat.

Sementara melalui peringatan RA Kartini ke-139 ini, Syarif Hidayat mengajak seluruh masyarakat khususnya para kaum perempuan untuk dapat meneladani bagaimana perjuangan beliau dalam mengangkat derajat perempuan sehingga adanya kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki.

“Dengan perjuangan RA Kartini tidak ada lagu perlakuan diskriminasi terhadap perempuan, bahkan dengan emansipasi wanita peranan dan kedudukan perempuan dewasa ini lebih hebat dari kaum laki-laki,” kata Syarif Hidayat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika mengharapkan peringatan Hari Kartini ini bisa memberikan semangat lebih para kaum perempuan agar bisa menjadi lebih hebat lagi.

“Kaum perempuan harus bisa berkarya, bukan zamannya lagi perempuan di bawah, perempuan harus lebih bersemangat lagi untuk menjadi istri, ibu yang hebat dan menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua DWP Kabupaten Muratara, Hj Rosmiati Abdullah Maktjik dalam laporannya selaku ketua pelaksana menyampaikan dalam peringatan Hari Kartini ini dilakukan berbagai perlombaan, yakni lomba nasi tumpeng, lomba paduan suara dengan menyanyikan lagu Ibu Kartini dan lomba busana Kartini. Yang berlangsung pada Jumat (20/4).

“Begitu juga P2WKSS sudah dimulai sejak awal April lalu. Dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran perempuan dalam usaha baik individu maupun kelompok guna meningkatkan kesejahteraan keluarga,” paparnya.(12)

Rekomendasi Berita