oleh

Perekaman KTP-El Muratara Bisa di Kecamatan

Disdukcapil Distribusikan Alat Perekaman

LINGGAU POS ONLINE- Mempercepat pelayanan ke masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) distribusikan alat perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) ke setiap kecamatan. Sehingga warga yang ingin melakukan perekaman KTP-El, bisa melakukannya di kantor kecamatan.

Diakui Kepala Disdukcapil Muratara, Aan Andrian, perekaman KTP-El di masing-masing kecamatan sudah beroperasi sejak satu minggu terakhir. Bagi masyarakat yang hendak melakukan perekaman KTP-El, kedepan tidak perlu jauh-jauh harus ke Kantor Disdukcapil, karena bisa melalukan perekaman di kantor kecamatan.

“Perekaman melalui kantor kecamatan juga terhubung dengan server Disdukcapil Muratara dan pusat, saat ini fungsinya baru sebatas perekaman, sedangkan cetak tetap di Disdukcapil Muratara. KTP-El yang telah tercetak, akan didistribusikan kembali ke tingkat kecamatan masing-masing,” ungkap Aan.

Melalui perekaman KTP-El dan pengurusan administrasi penduduk yang bisa dilakukan di kantor kecamatan masing-masing, pihaknya berharap masyarakat lebih aktif untuk mengurus administrasi penduduknya.

“Apalagi persentase pembaharuan data kependudukan saat ini, baru 70 persen,” tegasnya.

Hal ini diungkapkan Aan, dipengaruhi beberapa faktor seperti kesadaran masyarakat yang masih rendah, kemampuan alat yang juga baru bisa didistribusikan sekarang dan masih banyak yang perlu disosialisasikan.

“Bagi warga asli Kabupaten Muratara yang datanya penduduknya masih berstatus Musi Rawas, tinggal datang saja ke Disdukcapil Muratara nanti datanya akan kita pindahkan menjadi warga Kabupaten Muratara,” imbaunya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita