oleh

Perda RTRW Akan Direvisi

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG ILIR – Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (DP2D) DPRD Kota Lubuklinggau, Merismon mengungkapkan bahwa tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau akan merevisi Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Lubuklinggau Tahun 2012-2032.

Diakui Merismon bahwa diperbolehkan merevisi Perda RTRW.

“Perda RTRW bisa direvisi setelah lima tahun sejak disahkan. Perda RTRW Kota Lubuklinggau disahkan tahun 2012, sekarang sudah 2018 artinya sudah lebih dari lima tahun maka diperbolehkan untuk direvisi,” katanya kepada Linggau Pos, kemarin.

Disamping itu ketentuan lainnya bisa dilakukan revisi Perda, yang pertama adanya perubahan regulasi dari aturan yang lebih tinggi.

“Jika aturan yang lebih tinggi misalnya undang-undang yang berkaitan dengan Perda alami perubahan maka Perda wajib direvisi,” tambahnya.

Selain itu, Perda yang ada tidak sesuai lagi dengan kondisi lapangan di suatu daerah.

“Berkembangnya suatu daerah sehingga Perda yang ada sudah tidak sesuai lagi maka Perda harus direvisi,” ucapnya.

Merismon memperkirakan pembahasan revisi Perda RTRW akan berlangsung alot karena belum ada Perda Rencana Detil Tata Ruang (RDTR).

“RDTR ini sekarang masih dalam tahap pengkajian di kecamatan namun belum final,” sebutnya.

Dalam waktu dekat DP2D DPRD Kota Lubuklinggau, akan koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Lubuklinggau untuk meminta penjelasan hal yang melatarbelakangi revisi Perda RTRW tersebut.

“Akan kita undang Bappeda dan bagian hukum. RDTR juga harus dibuat,” ucapnya.

Menurut Merismon, Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun anggaran 2018 belum ditetapkan.

“Kita sedang merekap Raperda yang akan dimasukkan dalam Prolegda 2018. Kita akan koordinasi dengan Bagian Hukum Setda Kota Lubuklinggau. Dan juga dengan komisi-komisi DPRD untuk Perda inisiatif DPRD,” ungkapnya. (08)

Komentar

Rekomendasi Berita