oleh

Perbaiki Laporan DD-ADD

Sosialisasikan Aplikasi Terbaru Siskuedes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menyosialisasikan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskuedes) terbaru tahun 2018. Tujuannya meningkatkan kualitas laporan Penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Laporan Aspin Dodi, Muratara

DINAS Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) mensosialisasikan Siskuedes Tahun 2018. Siskuedes ini merupakan up grade terbaru yang rilis enam, di mana sebelumnya masih menggunakan rilis lima.

Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara, Firdaus yang diwakili oleh stafnya, Untung Sriwijaya pada saat menyampaikan pemberian Aplikasi Siskuedes terbaru ini sekaligus memberikan materi dan juga pelatihan kepada seluruh operator Siskuedes. Kegiatan ini dijadwalkan selama enam hari kedepan yang dimulai hari ini (kemarin, red).

“Hari kita mulai memberikan materi mengenai aplikasi Siskuedes terbaru kepada operator di seluruh desa, yang dimulai dua desa Kecamatan Ulu Rawas dan Kecamatan Karang Dapo dipusatkan di ruang rapat Kecamatan Rupit,” kata untung, Rabu (7/2).

Untuk jadwal selanjutnya, yakni seluruh desa di Kecamatan Rupit dan kecamatan lainnya. Mudah-mudahan dengan Aplikasi Siskuedes yang baru ini dapat meningkatkan laporan keuangan desa yang lebih baik lagi.

“Harapannya dengan aplikasi terbaru ini laporan DD dan ADD kedepan dapat lebih baik lagi,” harap Untung.

Sementara itu, Operator Siskuedes Desa Setia Marga Kecamatan Karang Dapo, Barli mengatakan, dengan adanya aplikasi ini mampu memudahkan dalam perhitungan pajak, sebagai contoh pajak galian C yang sebelumnya tidak ada sekarang ada.

Selanjutnya, dalam hal input persentase antara pembangunan fisik dengan pemberdayaan sebelumnya tidak ada sekarang ada.

“Jadi kami merasa terbantu, karena sebelumnya kami kesulitan,” imbuhnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita