oleh

Perankingan Dilakukan Panitia Pusat

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Sejak 13 Januari 2018, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018. Sejumlah sekolah sudah melakukan pengisian aplikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Jalur SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari PDSS. Kami mengingatkan sangat berhati-hati dalam memasukan data siswa dan sekolah,” jelas Kepala SMA Xaverius Lubuklinggau, IG Maryanto, Selasa (6/2).

Menurut IG Maryanto, proses pengisian PDSS dibantu guru Bimbingan Konseling (BK). Sebab, guru BK memiliki pemetaan potensi peserta didik.

“Jadi kami mengirimkan data yang asli. Kami memverifikasi data anak-anak ini dengan hati-hati. Sebagaimana instruksi Kemenristekdikti,” tutur IG Maryanto.

Karena SMA Xaverius telah terakreditasi A, maka 50 % peserta didik kelas XII potensial mengikuti SNMPTN.

“Saat ini seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 130 orang kami siapkan untuk ikut daftar SNMPTN. Karena penentuan rankingnya itu panitia SNMPTN 2018,” jelasnya.

Hal sama juga dilakukan SMA Yadika Lubuklinggau. Ada 55 siswa-siswi SMA Yadika yang akan berjuang untuk mengikuti SNMPTN ini.

Kepala SMA Yadika, Ikhsan Amin menjelaskan Pengisian dan verifikasi PDSS dilakukan sampai 10 Februari 2018. Sementara pendaftaran dilakukan pukul 21 Februari-6 Maret 2018.

“Kalau untuk proses seleksi 14 Maret-14 April 2018, dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi pada 17 April 2018 dan pendaftaran ulang peserta yang lulus di perguruan tinggi negeri masing-masing pada 8 Mei 2018,” jelasnya. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita