oleh

Perakitan Kotak Suara Ditargetkan Seminggu

LUBUKLINGGAU – Perakitan 3.040 kotak suara ditargetkan akan selesai dalam waktu sepekan ke depan. Memang, perakitan kotak suara berbahan karton duplex tersebut dilakukan menindaklanjuti surat edaran KPU RI No.2272 tentang Pemeliharaan dan Inventaris Logistik Pemilu 2019. Hal ini disampaikan ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri, Kamis (7/2).

Menurut Topan, pihaknya telah menyiapkan gudang penyimpanan yang lantainya dilapisi papan agar kotak suara yang terbuat dari duplex kardus tidak lembab. Untuk merakit 3.040 kotak suara itu, KPU Kota Lubuklinggau melibatkan 20 staf sekretariat. Waktu yang dibutuhkan merakit satu kotak suara ini sekitar 1 sampai 3 menit karena tinggal memasangi kabel ties untuk merakitnya.

“Kita sengaja tidak menggunakan jasa pihak ketika dalam perakitan, mengingat pentingnya bahan yang akan dirakit,” kata Topan.

Bahkan, kalau dalam perakitan ditemukan ada kotak suara yang rusak, akan dibuat berita acara untuk kembali dilakukan pengadaan, karena memang untuk Pemilu 2019 masih kekurangan 84 kotak suara.

Adapun rincian kebutuhan kotak suara 5 kotak di setiap TPS, karena pemilih akan diberikan lima surat suara, maka dibutuhkan lima kotak suara. Maka kebutuhan untuk di tingkat TPS sebanyak 3.040 kotak suara, yang akan ditempatkan di 608 TPS. Kemudian, masing-masing kecamatan akan disediakan 11 kotak, maka dibutuhkan 88 kotak, karena Kota Lubuklinggau memiliki 8 kecamatan.

Sementara itu, KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah mulai merakit kotak suara pada Jumat (1/2), proses perakitan melibatkan setidaknya 20 orang. Bahkan, KPU Kabupaten Mura juga masih kekurangan 51 kotak suara, karena jumlah kotak suara yang mereka terima pada Jumat (26/10) hanya 5.944, sementara kebutuhan mereka 5.995 kotak suara untuk didistribusikan ke 1.168 TPS, yang tersebar di 14 kecamatan. (aku)

Rekomendasi Berita