oleh

Penyuluh Pertanian Bakal Ditambah

LINGGAU POS ONLINE – Wacananya penyuluhan pertanian di Kota Lubuklinggau bakal ditambah, melalui perekrutan CPNSD jalur umum maupun khusus. Saat ini ada 58 Penyuluh Pertanian bertugas di Kota Lubuklinggau.

53 diantaranya Aparatur Sipil Negara (ASN), 5 lainnya masih Tenaga Harian Lepas (THL). Jumlah ini dinilai cukup untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada petani di delapan kecamatan.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengaku penambahan masuk dalam kuota yang diajukan. Namun masih belum tahu apakah disetujui atau tidak.

“Kita ajukan baik penerimaan umum maupun khusus,” ungkap H Rahman Sani.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, Subandio Amin mengaku area pertanian di Kota Lubuklinggau tidak begitu luas. Tidak semua kelurahan memiliki area pertanian.

Diakui Subandio Amin, hanya ada beberapa kecamatan yang masih produktif produksi padi. Seperti di Kecamatan Lubuklinggau Utara I, sebagian Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan II, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

Penyuluh Pertanian memiliki tugas dan fungsi memberikan penyuluhan kepada petani melalui pendekatan kelompok tani agar pengetahuan, keterampilan maupun sikap petani menjadi lebih baik dalam mengelola usaha tani guna meningkatkan kesejahteraannya.

Dalam melaksanakan tugasnya agar berjalan efektif dan efisien, setiap Penyuluh Pertanian perlu melakukan tahapan-tahapan seperti persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan melaporkan kegiatan penyuluhan dan pengembangan penyuluhan pertanian. (nia)

Rekomendasi Berita