oleh

Penyebar Foto Syur Bidan Disidangkan

-Kriminal, Sumsel-1.411 dibaca

LINGGAU POS ONLINE – Sidang perdana Edodi Mandala alias Leo (31), terdakwa kasus penyebaran foto syur Bidan AY, Selasa (21/5) mulai digelar di Pengadilan Negeri (PN) Prabumulih.

Sidang beragendakan pembacaan dakwaan, Edodi alias Leo yang duduk sebagai pesakitan di muka sidang diketuai AA Oka PB Gocara SH MH didampingi Yudi Dharma SH MH dan Dendy Firdiansyah SH.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Nopridiansyah SH diwakilkan Alfian Jauhari Hanif SH dalam dakwaannya, menjelaskan, terdakwa dinyatakan melawan hukum didasari keterangan saksi korban dan bukti berupa foto syur di media sosial (medsos).

Menyebarkan foto syur korban dengan sengaja, dengan maksud tertentu. “Dengan alasan itulah, terdakwa kita dakwa dengan Undang-undang (UU) Republik Indonesia (RI) No 19/2016 Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 45 Ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1),” jelas Alfian di muka sidang.

Ungkapnya, karena dijerat dengan UU ITE tersebut. Terdakwa sendiri, terancam hukuman enam tahun penjara atau denda Rp 1 miliar. “Ancaman penjara sendiri, kita kenakan sesuai dengan UU ITE tersebut,” kata dia.

Sementara itu, terdakwa Edodi alias Leo, hanya bisa tertunduk lesu sebagai pesakitan di muka sidang atau di depan majelis ketika pembacaan dakwaan oleh JPU.

Ia sendiri, terpaksa rela dan menerima dakwaan tersebut. Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, menyebarkan foto syur mantan kekasihnya Bidan AY.

“Iya majelis, saya mengakui perbuatan itu apa yang didakwakan,” ucapnya.

Ketua Majelis Hakim, AA Oka PB Gocara SH MH mengatakan, pembacaan dakwaan telah selesai dan sidang dilanjutkan minggu depan. “Sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan keterangan saksi korban minggu depan,” tukasnya.(pbp)

Rekomendasi Berita