oleh

Penyaluran Rastra Baru 53,2 %

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Penyaluran beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) baru mencapai 53,2 %. Hal itu ditegaskan Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Setda Empat Lawang Marwan Effendy.

“Jadi permasalahan sekarang ini mengenai Harga Tebus Rastra (HTR), sampai saat masih banyak masyarakat di desa yang belum menebus Rastra,” ungkap Marwan, Selasa (31/10) di ruang kerjanya.

Ia menyatakan harga Rastra per kilogram yakni Rp 1.600. Namun untuk biaya tambahan seperti Ongkos Kirim (Ongkir) disesuaikan dengan musyawarah Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang diketahui oleh tim dari desa.

“Sebenarnya kualitas Rastra itu cukup bagus. Sebab Bulog mengambil beras langsung dari masyarakat di beberapa Kabupaten, seperti Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten lainnya,” kata Marwan.

Menurut Marwan, penyebab masyarakat masih banyak yang belum menebus Rastra, karena saat ini lagi musim panen. Dibeberapa kecamatan Empat Lawang sendiri seperti Kecamatan Paiker, Ulu Musi, Sikap Dalam saat ini sedang panen padi.

“Harga tebus Rastra sebenarnya tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan harga beras di toko. Mungkin masyarakat belum terpikirkan untuk menebus Rastra, karena saat ini sedang musim panen,” jelas Marwan.

Pihaknya kata Marwan, telah membuat surat edaran bupati untuk setiap camat, agar menebus Rastra. Diharapkan seluruh masyarakat agar segera mengumpulkan uang tebusan Rastra kepada setiap kades dan kades menyerahkan kepada Camat masing-masing.

“Batas akhir tebus Rastra ditahun 2017 ini 15 Desember. Jika lewat tanggal tersebut, Rastra untuk tahun 2017 ini hangus. Tentu rugi jika Rastra hangus begitu saja, karena harganya jauh dengan harga di toko dan kualitas berasnya pun cukup bagus,” ucap Marwan.

Masih kata Marwan, tahun 2016 Rastra berjalan lancar tidak ada kendala. Semuanya ditebus 100 %.

“Kabupaten Empat Lawang tahun 2017 ini mendapatkan Rastra sebanyak 182.115 kg. Kecamatan Tebing Tinggi yang paling banyak mendapatkan Rastra,” beber Marwan.

Sementara itu, Camat Talang Padang, Syafei Marzuki mengaku, sudah mengumpulkan seluruh kades, dan meminta agar membayar tebusan Rastra.

“Barusan kita sudah rapat dengan seluruh kades agar menebus Rastra. Yang jelas kami sebagai camat, akan selalu mengingat kades,” kata Syafei Marzuki, Selasa (31/10).

Kades sendiri sebut Syafei mengaku akan melunasi Rastra dalam waktu dekat.

“Dari hasil rapat tadi, kades mengaku dalam waktu dekat akan dilunasi,” imbuhnya.(04)

Komentar

Rekomendasi Berita