oleh

Pentingnya EDM dan e-RKAM untuk Pengelolaan Madrasah

LINGGAUPOS.CO.ID – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik rencana kerja dan anggaran madrasah (e-RKAM) di MTS N 1 Empat Lawang.

Kepala kemenag Empat Lawang, Muhammad Makki mengatakan EDM adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Dijelaskannya Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.

Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program atau kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah yang berbasis internet (e-RKAM).

“Saya mengharapkan kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik- baiknya untuk tercapainya pengelolaan Madrasah dengan baik sesuai dengan penerapan Aplikasi EDM dan e-RKAM,”kata Makki, Senin (25/1/2021)

Ia menyampaikan sudah seharusnya SDM mengupgrade diri di era teknologi maju, semoga dalam pelatihan ini ilmu yang terserap dapat di aplikasikan.

Makki Juga berharap kedepan tingkat kepuasan Para Wali siswa dapat bertambah agar Madrasah makin hebat dan bermartabat .

Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, bendahara dan Operator Madarah se  Empat Lawang dengan mengenalkan Google Suite for Education dan Aplikasi EDM dan RKAM berbasis web kepada madrasah khususnya kepada Kepala Madrasah, Bendahara dan Staff/Operator sehingga dapat mengimplementasikan aplikasi ini.

Masih dikatakan Makki Peserta diajarkan bagaimana membuat kelas virtual dan pengisian EDM serta RKAM berbasis elektronik. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan banyak kemudahan bagi madrasah. (*)

Rekomendasi Berita