oleh

Penting Memilih Sekolah Alam

LINGGAU POS ONLINE, BELALAU I – Saat ini sekolah alam di Indonesia yang mulai berkembang sejak tahun 1998 sudah cukup maju dan digandrungi oleh masyarakat di Indonesia, khususnya sekolah-sekolah alam yang ada di Pulau Jawa.

Tetapi, ternyata salah satu Sekolah Alam di Lubuklinggau yakni Islamic Life School Insan Mulia Lubuklinggau yang merupakan lembaga di bawah naungan Yayasan Dzurriyyatul ‘Aariif ini juga cukup diminati oleh masyarakat di Kota Lubuklinggau.

“Alhamdulillah, Sekolah Alam Insan Mulia saat ini sudah cukup diminati masyarakat Kota Lubuklinggau. Hal ini kita lihat dari jumlah peserta didik yang kita terima meningkat setiap tahunnya,” kata Pimpinan Sekolah Alam Insan Mulia, H Warman.

Lanjutnya, dan kita berharap setiap tahunnya peminat sekolah alam Insan Mulia Lubuklinggau semakin bertambah dan meningkat. Karena dengan begitu masyarakat pun akan semakin mengetahui bahwa tujuan sekolah alam ini sama dengan tujuan penciptaan manusia di muka bumi ini, yakni menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi ini.

Pada kesempatan ini juga, Warman juga memaparkan delapan alasan penting para orang tua memilih sekolah alam untuk tempat anak-anaknya menempuh pendidikannya. Diantaranya, pertama, Sekolah Alam adalah sekolah berbasis fitrah sekolah yang memperhatikan tumbuh kembang anak sesuai fitrah penciptaannya.

Kedua, sekolah alam adalah sekolah berbasis minat bakat, karena setiap anak adalah istimewa dengan keunikannya masing-masing. Ketiga, sekolah alam adalah sekolah yang berbasis komunitas, yakni menempatkan orang tua sebagai mitra utama dalam mewujudkan konsep  pendidikan yang ideal bagi anak.

Keempat, sekolah adalah sekolah dengan konsep pendidikan holistik, yakni mengajarkan konsep life skill sehingga menjadikan anak berakhlak, cerdas, dan terampil. Kelima, sekolah alam adalah sekolah berbasis lingkungan, di mana konsep pembelajarannya sangat realistis dengan menjadikan alam sebagai laboratorium terluasnya, salah satunya dengan metode asyik Belajar Bersama Alam (BBA).

Keenam, sekolah yang mempraktikan bahasa bunda, bahasa cinta, bahasa kasih sayang  kepada warga sekolah. Ketujuh, sekolah sang  maestro,  di mana sekolah alam menempatkan guru sebagai fasilitator, siap bersama peserta didik menggali ilmu dengan ahlinya (maestro). Terakhir, sekolah dengan konsep action learning, belajar dengan melakukan, yang melatih dan menumbuhkan mental enterprenuer dan leadhersip.

“Delapan alasan penting inilah yang perlu diketahui para orang tua agar dapat memilih dan mempercayakan sekolah alam sebagai tempat anak-anaknya belajar dan menuntut ilmu, sehingga kelak bisa menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi ini,” jelasnya.

Dan, lanjutnya, sekolah alam ini juga didirikan agar anak-anak di Indonesia dapat bahagia ke sekolah. Jika anak-anak bahagia, otomatis mereka akan pintar dan cerdas, karena mereka akan dengan mudah menyerap sesuatu ilmu yang ia sukai. (AE02)

Rekomendasi Berita