oleh

Penting Kuatkan Karakter Jujur

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’ menjadi tema besar yang diangkat Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 25 April – 2 Mei 2018 ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Musi Rawas melalui Kabid Dikdas, Hartoyo, Jumat (27/4) menjelaskan, tema tersebut diusung untuk mengingatkan kepada insan pendidik, agar lebih serius lagi dalam menanamkan karakter positif untuk peserta didik.

“Khusus diadakannya Lomba Marching Band, Lomba PBB, dan Jalan Santai 25-27 April 2018 ini untuk kembali memupuk kekompakan kita, sebagai insan pendidik di Kabupaten Musi Rawas. Disamping itu tema ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’ juga kita pilih, untuk mengingatkan bahwa guru selaras dengan ungkapan Ki Hajar Dewantoro, Ing Ngarso Sung Tulodho (di depan bisa jadi teladan), Ing Madya Mangun Karso (di tengah memberikan motivasi) dan Tut Wuri Handayani)di belakang bisa memberikan semangat bagi peserta didik untuk terus bersekolah). Jadi tugas kita memang berat. Namun, saya yakin bapak ibu guru bisa melakukan itu,” ungkapnya, usai Jalan Santai Bersama Unsur OPD di Lingkungan Pemkab Musi Rawas, memperingati Hardiknas tahun 2018 ini.

Ia juga menjelaskan, bahwa tema itu juga selaras untuk menyemangati anak-anak Musi Rawas yang mengikuti UNBK tahun ini.

“Jadi menguatkan pendidikan itu, fokus utamanya ke kejujuran. 13 SMP di Kabupaten Musi Rawas mengadakan UNBK tahun ini, tujuan utama UNBK itu bukan untuk kelulusan. Oke, memang nilai tinggi penting, tapi jujur lebih utama. Baik jujur di ruang kelas dan jujur dalam akademik. Nah, semangat inilah yang wajib dijaga oleh para pendidik maupun peserta didik,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan diwakili Dian Chandera. Menurutnya, abad 21 orang-orang yang berkarakter jujur memang sangat dibutuhkan.

“Jujur itu hebat, begitu slogan yang kerap didengung-dengungkan. Kita juga harus melakukan itu. Bukan pada tatanan teori, namun juga praktik,” jelasnya.

Selain jalan santai, peserta didik juga guru dan Kepala OPD yang hadir juga diajak untuk bagi-bagi doorprize. Pada momen kemarin juga dilakukan pembagian hadiah untuk pemenang Lomba PBB dan Marching Band.(02)

Rekomendasi Berita