oleh

Penjual Narkoba Dituntut 10 Tahun

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Sugiansyah (29) warga Kelurahan Selangit Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas (Mura), menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, Rabu (10/10).

Sugiansyah dituntut 10 tahun penjara denda Rp1 miliar dengan subsidair enam bulan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), RV Latumenten SH, MH.

Menurut JPU, Sugiansyah terbukti sebagai perantara jual beli narkoba jenis sabu seberat 0,223 gram. Sehingga melanggar Pasal 114 Ayat (1) Undang-Undang (UU) RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Sidang ini dipimpin Majelis Hakim Andi Barkan SH, MH didampingi Hakim Anggota Indra Lesmana SH dan Syahreza Papelma SH MH, dengan Panitera Pengganti(PP) Rahmad Wahyudi SH.

Menurut JPU, adapun hal yang memberatkan, bahwa perbuatan terdakwa menghambat program pemerintah memberantas narkoba serta dapat merusak generasi muda. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya.

Mendengar tuntutan JPU, terdakwa berlinang air, serta memohon keringanan hukuman kepada majelis hakim.
Terungkap dalam sidang sebelumnya, perbuatan terdakwa ini bermula, anggota Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Mura mendapatkan informasi dari masyarakat. Bahwa terdakwa sering melakukan transaksi jual beli narkotika di Kelurahan Selangit Kecamatan Selangit.

Mendapat informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan terdakwa. Selasa, 29 Mei 2018, sekitar pukul 11.00 WIB petugas langsung menuju ke kediaman terdakwa di Kelurahan Selangit.

Saat sampai, petugas langsung melakukan penangkapan terhadap terdakwa, yang sedang berdiri di depan rumahnya. Kemudian, petugas langsung melakukan penggeledahan terhadap terdakwa, dan ditemukan barang bukti (BB) satu buah kotak plastik lakban coklat berisikan delapan bungkus plastik bening.

Isinya masing-masing berisikan kristal putih diduga Narkotika jenis sabu seberat 0,223 gram, yang ditemukan petugas di kantong celana belakang jeans pendek warna biru yang dipakai terdakwa.

Dari pengakuan terdakwa, bahwa BB tersebut didapatkan dari Bobi (DPO). Bobi memberikan sabu tersebut, sekitar pukul 10.00 WIB pada hari yang sama. Kemudian dititipkan oleh Bobi untuk terdakwa jual, dan hasil dari penjualan tersebut, terdakwa menerima upah sebesar Rp100.000.(cw1)

Rekomendasi Berita