oleh

Penilaian Utamanya Nol Angka Kematian Ibu dan Anak

Pagi Ini Puncak Lomba GSI Tingkat Kabupaten

Setelah kurang lebih dua pekan panitia Lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan penilaian kepada desa perwakilan tiap kecamatan. Pagi ini rencananya hasil penilaian akan diumumkan sekaligus pemberian hadiah kepada desa yang terpilih.

Laporan Aspin Dodi, Nibung

KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Muratara, Firdaus melalui Kasi Pemberdayaan Perempuan, Lindawati, di mana kegiatan besok (hari ini, red) merupakan puncak acara perlombaan GSI tingkat kabupaten 2017.

“Insya Allah direncanakan besok pagi, pada kegiatan puncak akan dilakukan pengumuman dan pemberian hadiah kepada para juara desa GSI tingkat kabupaten,” kata dia, Senin (4/12).

Dijelaskannya, pelaksanaan penilaian yang sudah berlangsung kurang lebih dua minggu tersebut dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari, DPMD-P3A, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, TP PKK Kabupaten Muratara dan dari Ikatan Bidang Indonesia (IBI) Kabupaten Muratara.

Lebih lanjut, untuk peserta sendiri yakni saru desa dari masing-masing kecamatan yang menurut pihak kecamatan layak dan mampu memenuhi beberapa kriteria penilaian.

Adapun yang menjadi tolak ukur atau kriteria penilaian panitia, yakni di desa tersebut tidak ada Kematian bayi dan kematian ibu. Adanya partisipasi masyarakat dalam mewujudkan GSI, seperti menjadi Satuan Tugas (Satgas) GSI, dengan melakukan ambulance desa dan pendonor darah.

“Penilaian utama GSI tingkat kabupaten yakni di desa tersebut Angka Kematian Bayi dan angka Kematian ibu (AKB dan AKI) nol atau tidak ada AKI dan AKB. Selanjutnya peran masyarakat yang menjadi Satgas GSI,” terangnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita