oleh

Pengusulan Pj Kades Kewenangan Camat

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Aan Andrian menjelaskan pengusulan Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) wewenang camat.

Hal ini, dikatakannya menjawab tuntutan warga Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit, agar Bupati Muratara, melanjutkan jabatan Pj Kades Sungai Jernih. Pasalnya Pj Kades saat ini, masa tugasnya akan berakhir 6 Oktober 2018 mendatang.

Aan Andrian menjelaskan, mengenai Pj Kades Sungai Jernih baru sebatas wacana dari masyarakat yang ingin masa jabatan diperpanjang karena akan berakhir.

“Memang sudah ada laporan dari camat, tapi baru sebatas wacana masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” kata dia.

Lebih lanjut, Aan menambahkan, nama-nama yang nanti diusulkan oleh camat, akan dibahas lagi oleh tim yang dikoordinatori oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan (DPMDP3A).

“Kalau penentuan penjabat tanpa ada pembahasan oleh tim, mungkin hasilnya nanti kurang pas,” terang dia.

Secara aturan, Pj Kades terlepas yang lama atau yang baru itu, Surat Keputusannya akan dibuat baru, untuk menunjuk perwakilan tingkat kecamatan di desa. Jika camat mengusulkan sah-sah saja, karena wewenang camat.

Sementara itu, Camat Rupit, Asma’Un saat mengatakan pihaknya sudah berkonsultasi dengan atasan, dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda). Kemudian sebagaimana arahan yakni ke Bupati Muratara.

“Kami hanya mengusulkan, nanti pak Bupati Muratara, yang menentukan siapa Pj Kades nantinya,” imbuhnya.(asd)

Rekomendasi Berita