oleh

Pengunjung TWA Bukit Kaba Meningkat

CURUP – Pengunjung Taman Wisata Bukit Kaba mengalami peningkatan. Sepanjang 2018 ini saja setidaknya ada 20.000 pengunjung yang datang ke TWA Bukit Kaba untuk melihat keindahan alamnya.

Kepala Resort TWA Bukit Kaba wilayah Kabupaten Rejang Lebong, M Nurdin menjelaskan, peningkatan jumlah pengunjung TWA Bukit kaba ini dampak adanya pembenahan dan pembangunan yang dilakukan Pemda Rejang Lebong, Pemprov Bengkulu termasuk Kabupaten Kepahiang dan BKSDA Bengkulu-Lampung.

Retribusi penerimaan negara bukan pajak atau PNBP dari pengelolaan TWA Bukit Kaba, hingga akhir November 2018 lalu sudah mencapai Rp90 juta. 2016 ke bawah, PNBP hanya sekitar Rp4 juta sampai Rp5 juta.

Dalam meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendukung TWA Bukit Kaba ini, selain kerja sama dengan Pemkab Rejang Lebong dengan BKSDA Provinsi Bengkulu, juga dengan BUMDes Desa Sumber Urip termasuk Kabupaten Kepahiang.

Saat ini juga, sabungnya, Rejang Lebong dan Pemkab Kepahiang sudah duduk satu meja dengan BKSDA Provinsi Bengkulu untuk menyusun desain tapak yang menjadi miniatur pariwisata ke depan serta rencana pembangunan.

Beberapa pembangunan yang akan dilakukan seperti pembangunan shelter, jalan dan sarana penunjang pariwisata. Pemprov Bengkulu akan melakukan perbaikan jalan menuju ke kawasan wisata yang selama ini sudah rusak.

“Dengan adanya pembangunan sarana dan prasarana pendukung, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan banyaknya jumlah kunjungan ke lokasi TWA Bukit Kaba,” harapnya. (sam)

News Feed