oleh

Penghitungan Suara Pilkades Belum Tuntas

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Mulai tahapan sejak Oktober 2017, Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kedua tahun 2017 Kabupaten Muratara akhirnya terlaksana Senin (4/12). Pilkades dilaksanakan serentak di 25 desa.

Adapun desa-desa yang melaksanakan Pilkades, yakni di Kecamatan Rupit terdiri dari Desa Lubuk Rumbai Baru, Beringin Jaya, Batu Gajah Baru, Noman Baru, Maur Baru, Maur Lama, Karang Anyar. Enam desa di Kecamatan Rawas Ulu, Simpang Nibung Rawas, Sungai Lanang, Lubuk Mas, Teladas, Pangkalan, Pulau Lebar.

Tujuh desa di Kecamatan Rawas Ilir yakni, Mandi Angin, Belani, Tanjung Raja, Batu Kucing, Beringin Sakti, Pauh I, Beringin Makmur I. Dua desa di Kecamatan Karang Dapo, Bina Karya dan Kertasari. Dua desa di Kecamatan Ulu Rawas, Kuto Tanjung dan Muara Kuis. Lalu Desa Embacang Baru Kecamatan Karang Jaya dan Desa Jadi Mulya di Kecamatan Nibung.

Dari pantauan Linggau Pos di lapangan khususnya di beberapa desa di wilayah Kecamatan Rupit, sejak dimulainya pemilihan kurang lebih pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB berjalan kondusif. Untuk hasil perolehan sementara Pilkades Serentak Muratara (Baca Tabel).

Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara Firdaus melalui Kepala Bidang Pemerintahan desa dan otonomi desa, Husin Haikal mengatakan untuk hasil perhitungan sampai dengan pukul 19.30 WIB sudah masuk lebih dari 60 %. Tinggal lagi beberapa desa lagi.

“Sampai sekarang, data masuk sudah lebih dari 60 persen dari empat kecamatan yakni Kecamatan Nibung, Karang Dapo, Rawas Ulu dan Ulu Rawas sudah selesai. Sementara tiga kecamatan belum selesai, Kecamatan Rupit, Kecamatan Rawas Ilir, Kecamatan Karang Jaya,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Rupit, Hj Gusti Rohmani mengungkapkan untuk Pilkades dari enam desa tinggal Desa Karang Anyar yang belum, karena sampai sekarang masih melakukan proses penghitungan.

“Untuk Kecamatan Rupit, tinggal Desa Karang Anyar lagi yang belum menyelesaikan penghitungan, sekarang masih berlangsung,” sebutnya.

Dijelaskannya dalam hal pengawasan dirinya bersama unsur Tripika sejak H minus 1 sudah melakukan pemantauan ke seluruh desa yang melaksanakan Pilkades.

Begitu juga dengan Camat Karang Jaya, Walhadi Said mengungkapkan, untuk Desa Embacang Baru dari enam kota baru selesai dua, setelah istirahat dilanjutkan untuk perhitungan empat kotak lainnya.

“Sekarang lagi istirahat, tapi sudah dua kotak tinggal empat kotak lagi, kemungkinan selesai hingga pukul kurang lebih 22.00 WIB,” sebutnya.

Camat Ulu Rawas, Asmaun untuk hasil penghitungan Pilkades di dua desa yakni Desa Kuto Tanjung dan Desa Muara Kuis sudah selesai sejak pukul 17.00 WIB tadi.

“Alhamdulillah sudah selesai semua, dari pukul 17.00 WIB tadi,” ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun Linggau Pos, di Desa Pauh I Kecamatan Rawas Ilir., masyarakat sempat kesal. Lantaran diduga panitia lambat dalam pemanggilan yang berlangsung berjam-jam. Sementara pemilih yang mengantre jumlahnya ratusan. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita