oleh

Pengguna Medsos Harus Bijak

LINGGAU POS ONLINE, CURUP- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rejang Lebong, Mabrursyah meminta kalangan pengguna Media Sosial (Medsos) bijak dalam menggunakan Medsos. Apalagi, saat jelang Pemilu 2019 ini tidak menyebarkan informasi di Medsos yang berbau provokasi dan menjelek-jelekkan orang lain.

“Pengguna Medsos selain bijak kita harap juga bisa cerdas menggunakan Medsos, berita-berita dari Medsos harus dicari dulu kejelasan tentang sesuatu hingga jelas benar informasinya,” harapnya.

Menurut dia, dalam menggunakan Medsos harus bisa mendinginkan dan menyejukkan suasana politik. Jangan sampai, informasi yang diperoleh di Medsos ditelan mentah-mentah. Informasi yang diperoleh dari Medsos, sambungnya, jangan langsung dibagikan, apalagi menyinggung pihak lain.

MUI pusat, katanya, sudah mengeluarkan fatwa mengenai bermuamalah di Medsos yang hukumnya adalah “mubah” jika isinya tentang kebaikan, dan akan berdosa jika memburukan pihak lain.

“Silakan bermuamalah tetapi hindari berita hoaks, fitnah dan caci maki. Ber-Medsos hendaknya mengenai dakwah, pendidikan, dan tidak mengandung konten yang berbau ujaran kebencian, menghina suku, agama, ras tertentu,” harapnya.(sam)

Rekomendasi Berita