oleh

Pengendara Motor Malas Pakai Helm

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Kesadaran pengendara sepeda motor untuk menggunakan alat keselamatan masih sangat minim. Seperti yang terlihat di Kelurahan Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura) masih didapati pengendara tidak mengenakan helm, walaupun Anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Mura setiap hari melakukan patroli.

Menurut seorang pengendara sepeda motor yang sedang menjemput anaknya pulang sekolah, menjelaskan alasan dirinya tidak pakai helm karena jarak dari rumah ke tempat sekolah anaknya tidak jauh.

Karena, bersepeda motor di sekitar tempat tinggal tidak berisiko, karena selain jarak dekat dan medannya sudah dikenal.

“Jaraknya cukup dekat sekitar 10 menit saja sudah sampai. Tapi kalau jatuh, ya takut juga karena banyak lubang kecil di sepanjang jalan ini,” kata wanita anak dua yang namanya engan disebut, Selasa (25/9).

Jelas hal ini sangat disayangkan Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro didampingi Kasat Lantas, AKP Budi H Sutrisno, karena perbuatan yang dilakukan pengendara membahayakan diri mereka sendiri. Sebab, ketika terjadi kecelakaan helm yang dikenakan tadi dapat menjaga kepala dari benturan benda keras.

“Pelindung kepala tersebut berperan vital guna meredam benturan ketika terjadi kecelakaan,” kata Budi.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, agar lebih mematuhi tata tertib berlalu lintas, khususnya untuk keselamatan. (dlt)

Rekomendasi Berita