oleh

Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban Hanya Sampel

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, 12 petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Curup melakukan pendataan jumlah hewan kurban yang akan disembelih. Pendataan dimulai Senin-Rabu (20-22/8) di 15 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Puskeswan Curup, Drh Firi Asdianto kepada wartawan Linggau Pos, Senin (20/8) mengatakan 12 orang ini koordinatornya. Pendataan bukan hanya ke masjid-masjid saja, melainkan panitia kurban lainnya termasuk panitia keluarga, organisasi dan lainnya.

Sementara itu, untuk pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban sendiri, sebelum pelaksanaan kurban, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap sampel hewan kurban yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Sebelumnya kita sudah melakukan sampel acak terhadap hewan peliharaan yang ada di Rejang Lebong, ada sekitar 55 yang kita ambil sampelnya dan dicek ke laboratorium Lampung, semuanya negatif dari penyakit yang bisa membahayakan manusia,” jelasnya.

Namun, secara khusus untuk hewan yang akan di Korbankan pada tahun ini tentu tidak bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Oleh sebab itu, ia meminta pada panitia pemotongan hewan korban untuk bisa lebih jeli jika melihat ada tanda-tanda hewan kurban kurang sehat untuk dilaporkan, termasuk usia hewan kurban yang akan dipotong.

Terpisah, petugas UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Mardanus, menyampaikan, saat ini harga hewan korban dipastikan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

“Kalau sekarang untuk sapi Bali yang biasa dijual dikisaran Rp 13.500.000 sampai Rp 14.500.000/ekor saat ini dijual degan kisaran di atas Rp 15.000.000,” katanya.

Kemudian, sambungnya, untuk jenis Kambing yang tahun lalu dijual dengan harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta, saat ini rata-rata diatas Rp 3 juta.

“Mungkin besok (hari ini,red) harga mengalami kenaikan lagi,” tambahnya.

Hewan jenis sapi yang banyak dicari untuk dijadikan hewan Korban, tambah Mardanus, selain dari sapi lokal, namun banyak sapi yang datang dari kabupaten lain seperti dari Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah. (09)

Rekomendasi Berita