oleh

Pengangguran Embat Motor dan Mobil

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Pengangguran inisial JS (19) warga Desa Kertadewa Pulau Lebar Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), diamankan petugas Polsek Rupit. JS diamankan Kamis (6/9) sekitar pukul 11.30 WIB.

JS diamankan di pondok kebun Desa Tanjung Beringin Kecamatan Rupit, diduga menggelapkan sepeda motor Yamaha Vixion warna merah Nomor Polisi (Nopol) BH 3549 QI dan pencurian mobil Toyota Vios warna biru Nopol BM 1142 QU.

Penggelapan sepeda motor Yamaha Vixion, terjadi Sabtu (18/8) sekitar pukul 15.30 WIB dengan korban Sri Utami (23) warga Dusun III Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit, Muratara. Sedangkan pencurian mobil Toyota Vios, terjadi Selasa (4/9) sekitar pukul 02.00 WIB di Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit. Korbannya sopir taksi bandara, Syafril Roza (43) warga Jl Kuini RT 01 RW 01 Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Rupit, AKP Yulfikri, menjelaskan tersangka diamankan dalam dua kasus.

“Selain menggelapkan sepeda motor, juga pencurian mobil. Rekannya yang membantu mencuri mobil, kini masih buron,” kata Kapolsek.

Kronologis kasusnya, Sabtu (18/8) tersangka mampir ke warung korban Sri Utami di dusun VII Desa Lawang Agung. Karena pelaku kenal dengan suaminya, korban percaya saat pelaku meminjam motor, untuk membeli pulsa. Namun, setelah itu tersangka tak kunjung pulang. Setelah dua hari, korban melapor ke Polsek Rupit.

Tersangka ternyata kabur ke Pekanbaru, Riau. Senin (3/9) sekitar pukul 07.00 WIB, tersangka menumpang taksi (mobil Toyota Vios), minta diantarkan ke Teluk Kuantan. Tiba ditujuan, tersangka minta diantarkan ke Kiliran Jao.

Namun di perjalanan, tersangka minta diantarkan ke Muara Bungo, Jambi. Mereka sepakat jasa transportasi Rp 3 juta.

Sekitar pukul 23.45 WIB, tersangka minta diantar ke rumah kakaknya di Pelawan Singkut, Sarolangun, Jambi. Kepada kakaknya, tersangka meminta uang, namun hanya diserahkan satu ATM Mandiri, untuk membayar ongkos. Tapi ketika dicek, saldo ATM kosong. Sehingga mereka menemui seseorang untuk menggadaikan mobil, namun tidak mencapai kesepakatan.

Lalu mereka menjemput Lina dan Mami. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pulau Lebar Kecamatan Ulu Rawas. Di Pulau Lebar, mereka menjemput Bo’i dan Deni.

Di perjalanan tersangka menawarkan korban bergantian mengemudikan mobil, dengan alasan jalan jelek dan rawan terperosok ke jurang. Setelah itu mereka ke Desa Tanjung Beringin, Rupit. Juga ke Noman Baru, Rupit.

Akhirnya, Selasa (4/9) sekitar pukul 02.00 WIB, mereka melanjutkan perjalanan ke Jalinsum Desa Lawang Agung, untuk makan di warung Pecel Lele. Tersangka tetap di dalam mobil, sedangkan korban memesan makanan. Disaat itulah, tersangka bersama Bo’i membawa kabur mobil.

“Tersangka berhasil kami tangkap di pondok. Sepeda motor Yamaha Vixion milik korban Sri Utami, sudah kami amankan dari penadahnya. Sedangkan taksi milik korban masih dalam pencarian, begitu juga dengan tersangka lainnya,” jelas Kapolsek. (end)

Rekomendasi Berita