oleh

Pengajar Muda Memang Kreatif dan Inspiratif

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Kegiatan yang diadakan Pengajar Muda (PM) Program Indonesia Mengajar Angkatan XIV selama satu tahun ini memang kreatif dan inspiratif. Hal itu diakui Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Musi Rawas (Mura) Irwan Evendi, saat menghadiri momen Pamitan PM Program Indonesia Mengajar Angkatan XIV di Aula Disdik Mura, Rabu (16/5).

Salah satunya, Irwan mencontohkan, berkat inovasi yang dilakukan PM M Syahruddin Nawir, Kapolda Sumsel berikut jajarannya sengaja meluangkan waktu untuk datang ke Dusun Sri Pengantin, Desa Pasenan, Kecamatan STL Ulu Terawas. Dusun itu tergolong Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T)

“Maka, sudah sepatutnya kita terinspirasi dari adik-adik muda ini. Bagaimana mereka bisa begitu bersemangat untuk mendedikasikan diri dalam mengabdi di wilayah 3T,” terang Irwan Evendi.

Menurut Irwan, apa yang sudah dilakukan PM Angkatan XIV sangat berarti bagi dunia pendidikan di Mura.

“Kami optimis perjuangan PM angkatan XVI pun nantinya bisa sukses sebagaimana yang telah dirintis oleh kakak-kakak di PM Angkatan XIV. Kami doakan semoga perjuangan kalian selama ini jadi amal baik di sisi Allah SWT,” imbuh Irwan.

Hal itu dibenarkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mura dr Hj Noviar Marlina Gunawan.

“Satu doa saya untuk anak-anak PM Angkatan XIV. Saya dulu pernah jadi dokter PTT pertama di Indonesia. Tugas saya di wilayah yang amat terpencil seperti kalian. Yakni di Desa Air Sugihan, dan Desa Karta Sakti Kecamatan Muara Kelingi. Di sana yang saya temui justru banyak gajah. Tapi perjuangan saat PTT itu sungguh saya tunaikan dengan keikhlasan dan niatannya belajar. Kalau saya yang dulu jadi dokter PTT di wilayah terpencil bisa jadi istri bupati, saya doakan anak-anak PM Angkatan XIV bisa jadi bupati bahkan gubernur. Insya Allah kalau kita melakukan segala sesuatu dengan ikhlas, pasti akan diberikan imbalannya oleh Allah SWT,” beber Bunda PAUD Mura ini.

Ia juga menyampaikan pesan Bupati Mura, agar PM Angkatan XVI nantinya dalam menjalankan program kerja, dikolaborasikan dengan pekerja sosial masyarakat dan TKSK untuk membantu pembangunan di desa.

Penting diketahui, 31 Mei 2018 nanti, lima PM Program Indonesia Mengajar Angkatan XIV tuntas menunaikan tugas di Kabupaten Mura. Oleh karena itu, PM yang terdiri dari Ikerniaty, Syahruddin, Verlita, Theo, dan Cipto, Rabu (16/5) berpamitan dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan, PGRI dan keluarga besar Disdik Mura, kemarin.

Melalui video dokumenternya, PM Angkatan XIV mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Bupati Mura H Hendra Gunawan dan dr Hj Noviar Marlina Gunawan. Mereka juga mengaku amat terbantu selama menunaikan tugas karena mendapat dukungan Asisten I Setda Mura H Edi Iswanto, ibu Bhayangkari Mura, H Sukamto (Kadisdik yang lalu), Plt Kadisdik Irwan Evendi, Ketua PGRI Mura H Hermansyah, dan sederet tokoh pendidikan dan tokoh masyarakat di Kabupaten Mura.

Selain melepas kepergian Ikerniaty dan kawan-kawan PM Angkatan XIV, kemarin juga dilakukan penyambutan kedatangan PM Angkatan XVI yang akan melanjutkan perjuangan kakak-kakak mereka.

Mereka adalah M Iqbal PM dari Provinsi Sulawesi Selatan yang akan mendedikasikan diri selama satu tahun ke depan di SDN Kembang Tanjung. Lalu Gita PM dari Bogor yang akan bertugas di SDN Harapan Makmur, ketiga Siti Rodiah atau Dedek. Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini dalam satu tahun ke depan akan membersamai anak-anak di SDN Sri Pengantin. Ada juga Alif Bagus Wicaksono, bujang asal Kalimantan Timur ini akan belajar bersama dengan murid-murid di SDN Panglero, Rezki Fauziyah yang merupakan gadis asal Provinsi Jawa Barat akan mengabdi di SDN Pian Raya, dan Akbar Fitriansyah asal Banyuwangi akan mendedikasikan diri di SDN Mukti Karya.

Dengan bekal 5 minggu training bersama trainer Program Indonesia Mengajar, enam guru muda yang mampu lolos seleksi menyisihkan 6.360 calon PM itu akan berjuang melanjutkan perjuangan PM Angkatan XIV.(02)

Rekomendasi Berita