oleh

Penerimaan CPNSD Terancam Molor

… Juklak memang belum ada, dipastikan Minggu depan kami bakal dipanggil lagi terkait CPNSD…

Kepala BKSDM Kabupaten Empat Lawang, Drs Januarsyah

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNS) secara nasional terancam molor. Pasalnya sampai saat ini belum ada kepastian kapan penerimaan CPNS itu dibuka.

Meskipun sudah beredar informasi akan dibuka pada Juli 2018, namun sampai sekarang pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang belum menerima Petunjuk Teknis (Juknis) perihal pembukaan pendaftaran penerimaan CPNSD yang dimaksud.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala BKSDM Kabupaten Empat Lawang, Drs Januarsyah. Ia mengaku baru pulang dari Jakarta menemui bidang penerimaan CPNSD di Kemenpan-RB. Namun informasi yang ia dapat, belum ada Juknis yang dikeluarkan Kemenpan-RB mengenai penerimaan CPNSD.

Menurut Januarsyah, berdasarkan hasil koordinasi ke Menpan dan bagian yang membidangi semua usulan penerimaan CPNSD kabupaten/kota ,secara nasional masih di godok bahkan sedang dibahas di bagian ekonomi. Karena berhubungan dengan penganggaran gaji pegawai.

Selain itu, semua kabupaten dan kota diwajibkan membuka penerimaan CPNSD, meskipun tidak melakukan usulan sehingga dibagi sesuai kebutuhan pegawai yang ada.

Berdasarkan kebutuhan, Kabupaten Empat Lawang sudah mengusulkan sebanyak 544. Tidak semua di setujui, namun dipastikan lebih dari jumlah pegawai yang keluar karena pensiun, sebanyak 97 orang.

Untuk itu Januarsyah memastikan, jumlah guru dan tenaga kesehatan akan lebih mendominasi dalam penerimaan CPNS tahun 2018 ini.

“Petunjuk Pelaksana (Juklak) memang belum ada, dipastikan Minggu depan kami bakal dipanggil lagi terkait CPNSD ini. Namun seperti sebelumnya kalau soal lokasi tes bakal dilaksanakan di Kota Palembang dikantor BKN regional 7,” jelasnya.

Alasan dilaksanakan di Kota Palembang, Januarsyah lagi menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan melaksanakan di Kabupaten Empat Lawang dengan alasan keamanan dan tak kalah penting fasilitas pendukung tidak memadai, komputer tidak ada dalam jumlah banyak serta sinyal kecil dan sering gangguan sementara tes penerimaan dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Penerimaan pegawai kedepan dipastikan bersih tidak ada pihak manapun yang dapat mengubah, bahkan menolong kelulusan salah seorangpun.

“Jadi jangan mau kalau ada yang mengiming-imingi kelulusan dengan uang, karena penerimaan CPNS kali ini bersih,” sarannya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Januarsyah, penerimaan pegawai alokasi umum sudah tiga tahun tidak dilaksanakan dengan alasan. Namun hanya mendapat jatah pengangkatan jalur honor diantaranya pengangkatan bidan PTT serta para penyuluh pertanian, namun harus sesuai kriteria serta memenuhi persyaratan yang ada.

“Namun ini sudah dilakukan, jika masih ada yang mengaku ada lagi pengangkatan honorer itu hoax, jangan dilayani karena sudah di cek ke pusat tidak ada,” lanjutnya. (10)

Rekomendasi Berita