oleh

Penerima BST Harus Sabar, Data Lagi Disusun Kemensos

-Muratara-226 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID – Banyaknya pengaduan masyarakat, bahwa Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak cair, ditanggapi Dinas Sosial Musi Rawas Utara (Muratara).
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) melalui Kabid Penanganan Fakir Miskin, Ci’ya, Kamis (15/4/2021) menjelaskan, tidak cairnya BST itu, karena memang ada keterlambatan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Salah satunya disebabkan pergantian Menteri Sosial, seperti diketahui menteri yang lama ditangkap KPK. Sementara dengan adanya menteri yang baru, maka banyak perubahan data bagi penerima BST.

“Kami hanya menjalankan tugas saja di kabupaten, untuk juknisnya dirubah oleh kementerian, terkait perubahan indentitas,” terangnya.

Dijelaskan Ci’ya , contoh perubahan yang dilakukan yakni nama di NIK, KTP dan KK harus sama. Berbeda satu huruf saja, maka bantuan tidak bisa keluar. “Menteri Sosial yang sekarang kan perempuan, maka lebih teliti,” jelasnya.

Kemudian untuk limit waktu perbaikan atau memvalidasi data, pihaknya tidak tahu kapan selesainya.

“Kami hanya berharap agar secepatnya diselesaikan agar penerima bantuan tidak lagi bertanya-tanya, saya dapat atau tidak. Sementara kepada masyarakat dimohon untuk bersabar,” tegasnya.(*)

Rekomendasi Berita