oleh

Penerapan E-Tilang di Sumsel, Mulai 28 April

LINGGAUPOS.CO.ID- Korlantas Polri me-launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah Provinsi di Pulau Jawa, hari ini (23/3/2021). Untuk di Sumsel khususnya di Palembang sendiri saat ini masih dalam uji coba perangkat.

Untuk perangkat sistem E-Tilang di Palembang telah terpasang di sejumlah titik di jalan yang ada di Palembang. Hal tersebut, diungkapkan Direktur Ditlantas Polda Sumsel, Kombes Pol CF Hotman Sirait.

“Di Sumsel, lauchingnya tahap kedua yang dilakukan pada tanggal 28 April mendatang. Hari ini, Korlantas melaunching ETLE untuk tahap pertama di sejumlah Provinsi di Pulau Jawa,” kata Hotman saat ditemui usai mengikuti Launching ETLE di gedung Promoter Polda Sumsel, Selasa (23/3/2021).

Saat ini pihaknya masih terus melakukan uji coba perangkat dan termasuk juga koneksitasnya. “Untuk Polda Sumsel masuk dalam launching tahap kedua. Karena saat ini masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi terkait sistem ETLE,” terangnya.

Dia menambahkan, Ditlantas Polda Sumsel masih terus melakukan pengawasan terhadap efektivitas dari sistem ETLE dalam pengiriman data pelanggaran pengendara ke ruang RTMC.

“Perangkat sistem ini memang harus berjalan selama 24 jam. Makanya, harus terpasang benar-benar. Harus bagus koneksinya, aliran listriknya yang tidak pernah mati sampai letak dari kamera yang dipasang,” ujar Hotman.

Hotman menegaskan bukan karena adanya sistem ETLE ini lalu membuat pengendara takut. Namun dengan adanya ETLE ini, dapat menimbulkan kesadaran berlalu lintas.

“ETLE hanya sistem untuk melakukan penindakan terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas selama 24 jam penuh. Setidaknya hal ini bisa membentuk pola berkendara masyarakat Sumsel khususnya Palembang lebih tertib lagi,” tutupnya.(*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita