oleh

Penentu Nasib Juara Bertahan

KAZAN ARENA – Jerman akan memainkan laga terakhir fase grup F Piala Dunia 2018 dengan melawan Korea Selatan. Bentrokan ini akan digelar di Kazan Arena pada Rabu (27/6) pukul 21.00 WIB. Laga ini sekaligus akan menjadi penentu nasib Der Panzer selaku juara bertahan untuk maju ke babak 16 besar kompetisi.

Bagaimanapun juga, Jerman akan menatap laga pertengahan pekan ini dengan kepercayaan diri yang tinggi. Hal itu karena tim besutan Joachim Low tersebut baru saja meraih kemenangan dramatis dengan skor 2-1 atas Swedia di Sochi pada akhir pekan kemarin.

Dalam laga tersebut, Jerman yang gencar melakukan serangan, justru tertinggal lebih dahulu di paruh pertama oleh gol Ola Toivonen untuk Swedia pada menit ke-32. Namun Der Panzer bangkit di paruh kedua saat Marco Reus mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-48. Ketika laga seakan berakhir dengan skor imbang, Toni Kroos muncul sebagai pahlawan Jerman, dengan mencetak gol pada menit 90+5 melalui sebuah tendangan bebas yang sangat berkelas.

Kemenangan atas Swedia itu sekaligus membuka peluang bagi Jerman untuk lolos ke babak 16 besar, setelah pada laga pembuka, secara mengejutkan mereka kalah dengan skor 1-0 dari Meksiko.

Di sisi lain, Korea Selatan akan coba memberikan perlawanan yang paling tangguh kepada juara bertahan, untuk setidak meraih 1 poin selama menjalani fase grup Piala Dunia edisi kali ini.

Wakil asal Asia itu kini berada di posisi juru kunci klasemen grup F dengan tanpa poin. Tim yang diasuh oleh Shin Tae-Yong itu menelan kekalahan dari Meksiko dan Swedia selama dua pertandingan pembuka mereka di Rusia. Usai menelan kekalahan dengan skor tipis 1-0 dari Swedia di laga pembuka, Korea Selatan harus kembali menelan pil pahit saat kalah dari Meksiko dengan skor 2-1 di pertandingan kedua fase grup.

Gol kemenangan El Tri masing-masing diciptakan oleh Carlos Vela dari titik penalti pada menit ke-26 dan Javier Hernandez pada menit ke-66. Sementara Korea Selatan hanya mampu membalas satu gol yang dicetak oleh penyerang Tottenhham Hotspur, Son Heung-Min, pada injury time.

Pada pertandingan melawan Jerman kali ini, Shin Tae-Yong kemungkinan besar akan coba mengubah formasinya menjadi 4-2-3-1, yang mana ini adalah formasi yang sama seperti digunakan Meksiko saat membungkam Der Panzer di pertandingan pembuka fase grup.

Secara head to head, ini akan menjadi pertemuan keempat antara Korea Selatan dengan Jerman. Dan untuk laga ini, Jerman akan diunggulkan untuk memenangkan pertandingan, setelah pada 3 laga sebelumnya, Der Panzer mampu mengklaim 2 kemenangan dan 1 kali imbang melawan Korea Selatan. (Net)

Prediksi Line Up Jerman vs Korea Selatan:
Jerman: Neuer – Kimmich, Hummels, Rudiger, Hector – Gundogan, Kroos – Muller, Reus, Draxler – Werner.

Korea Selatan: Hyun-Woo – Min Woo, Young-Gwon, Hyun Soo, Lee Yong – Ju Sae-Jong, Ki Sung-yueng – Hee Chan, Jae Sung, Seon-Min – Son.

Rekomendasi Berita