oleh

Pendidikan Terbaik Dimulai dari Keluarga

H Syarif Hidayat, Bupati Muratara

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat
“Ini sosialisasi mengenai pendidikan yang dimulai dari keluarga, dan ini sejalan dengan visi misi kabupaten kita. Karena kita juga sudah membuat satu gerakan menuju kabupaten layak anak….”

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Menuju Musi Rawas Utara (Muratara) kabupaten layak anak, diadakan Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga di Aula Siti Rahma, Selasa (3/7).

Pesertanya dari tenaga pendidik tingkat PAUD, TK, SD, SMP, maupun pengawas pendidikan dan Tim Penggerak PKK. Serta mendatangkan narasumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas).

Sosialisasi yang dibuka Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat itu, dihadiri Ketua TP-PKK Muratara, Lia Mustika Syarif, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Muratara, Ratnawati.

“Ini adalah program pemerintah pusat melalui Ditjen PAUD dan Dikmas,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Yuli Indriyani.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, meningkatkan kualitas pendidikan keluarga yang dampaknya positif terhadap anak, dengan cara pembinaan strategis melalui berbagai program.

“Kami harap ini dapat memacu dan memotivasi bagi perkembangan pendidikan di setiap satuan lembaga pendidikan. Pendidikan keluarga ini memang harus diterapkan kepada orang tua atau wali murid,” katanya.

Sementara itu, Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat usai membuka acara tersebut menuturkan, sosialisasi Program Pendidikan Keluarga ini sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Muratara.

“Ini sosialisasi mengenai pendidikan yang dimulai dari keluarga, dan ini sejalan dengan visi misi kabupaten kita. Karena kita juga sudah membuat satu gerakan menuju kabupaten layak anak,” kata HM Syarif Hidayat.

Senada dengan hal itu, Plt Kadisdik Kabupaten Muratara, Ratnawati memaparkan, di Kabupaten Muratara untuk program pendidikan keluarga ini sudah berjalan dengan baik.

“Kami berharap program dari pemerintah pusat mengenai pendidikan keluarga ini bisa menguatkan sistem pendidikan yang sudah ada di Kabupaten Muratara,” harapnya.

Lanjut Ratnawati, dengan adanya sosialisasi ini, tenaga pendidikan bisa memberikan pemahaman kepada para orang tua anak didik, karena orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Muratara, Lia Mustika Syarif menambahkan, pendidikan yang paling baik yakni dimulainya pendidikan karakter dari anak usia dini. Artinya, keluarga menjadi pondasi dasarnya.

Seorang anak akan menjadi warga masyarakat yang baik atau tidak, itu sangat bergantung pada sifat-sifat yang tumbuh dalam kehidupan keluarga di mana anak itu dibesarkan.

“Harapan kami, seluruh peserta sosialisasi mampu mentransfer apa yang telah didapat dari kegiatan ini. Karena program pendidikan keluarga ini untuk pembentukan pendidikan anak yang lebih baik,” imbunya.(12)

Rekomendasi Berita