oleh

Pendidikan Kewarganegaraan: Uniknya Keragaman Indonesia

Sekolah Dasar/PKN/Kelas/Semester : V/2

Disusun oleh: Silvia Miranda, S.Pd. (Guru SD N 50 Llg)

Uniknya Keragaman Indonesia

Kita patut bangga dengan keragaman sosial dan budaya yang Indonesia miliki, dari Sabang sampai Merauke beragam kebudayaan, suku, bangsa, bahasa, adat istiadat, agama dan banyak lagi kekayaan serta hasil karya manusia Indonesia. Keragaman sosial dan budaya inilah yang berpotensi sebagai sumber daya yang dapat membawa manusia Indonesia dikenal dunia dengan keunikan dan corak warna-warni kebudayaan. Indonesia mempunyai semboyan yang sangat terkenal yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Apakah anak-anak mengetahui artinya?

  1. Keragaman Suku bangsa

Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan sosial lainnya karena memiliki ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal-usul dan tempat asal dan kebudayaannya. Suku bangsa yang terkenal di Indonesia adalah Suku Jawa (Pulau Jawa), Batak dan Nias (Sumatera Utara), Minangkabau (Sumatara Barat), Sunda (Jawa Barat), Betawi (DKI Jakarta), Suku Madura dan Tengger (Jawa Timur), Dayak (Kalimantan), Sasak dan Sumbawa (NTB), Bugis dan Toraja (Sulawesi Selatan), Sentani dan Asmat (Papua). Selain itu di Indonesia juga terdapat etnis Cina yang terbagi menjadi Cina Peranakan dan Cina Totok.

Setiap suku memiliki kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Kebiasaan hidup ini menjadi budaya dan ciri khas suku masing-masing hingga membentuk suatu keragaman budaya.

2. Keragaman Agama

Indonesia merupakan negara berketuhanan yang menjunjung tinggi kebebasan beragama. Ketentuan ini ditegaskan dalam Pancasila sila pertama, yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan Undang-undang Dasar 1945 pasal 29 ayat (2), yaitu: “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Saat ini terdapat enam agama resmi (yang diakui secara hukum) di Indonesia, yaitu: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

3. Keragaman Rumah Adat

Setiap suku di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda dengan suku yang lainnya. Fungsi Rumah Adat, yaitu:

  1. Sebagai simbol khas dari budaya setempat
  2. Peninggalan budaya/warisan bangsa Indonesia
  3. Untuk di kenalkan kepada semua masyarakat indonesia
  4. Sebagai tempat tinggal para suku asli

Beberapa Rumah Adat yang ada di Indonesia, antara Lain: rumah adat Bolon (Sumatera Utara), Gadang (Sumatera Barat), Joglo (Jawa), Lamin (Kalimantan Timur), Tongkonan (Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat), dan Honai (Papua).

4. Keragaman Permainan Tradisonal

Permainan tradisional merupakan warisan leluhur yang perlu dilestarikan. Masing-masing daerah mempunyai permainan tradisional sebagai ciri khas daerahnya. Berikut beberapa nama permainan tradisional daerah yang ada di Indonesia, antara lain: Gobak Sodor, Petak Umpet, Dakon atau Congklak, Egrang, Lompat Tali, Bola Bekel, Ular Naga, Cublak-cublak Suweng.

Namun sangat disayangkan, permainan tradisional tersebut kini telah tergantikan dengan permainan modern. Anak-anak zaman sekarang lebih suka bermain Game yang ada di Laptop atau Android.

Masih banyak lagi keunikan keragaman yang ada di Indonesia, seperti Makanan khas, Baju Adat, dan lain-lain. Sebagai generasi penerus, mari kita lestarikan budaya – budaya yang ada di Indonesia serta menjaga keakraban dalam masyarakat sebagai makhluk sosial.

  1. Apa arti semboyan Bhineka Tunggal Ika?
  2.  Apa nama Rumah adat disamping dan berasal dari daerah manakah Rumah Adat tersebut?’
  3. Isilah titik –titik pada tabel berikut!
  4. Apa nama suku dan rumah adat yang ada di Sumatera Selatan?
  5. Permainan tradisional apa yang sering kalian mainkan bersama teman?

 

 

Rekomendasi Berita