oleh

Pendidikan Kewarganegaraan: Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Kelestarian Lingkungan

PKN / KELAS IV SD

Disusun Oleh: Annisa, S.Pd (Guru SDN 11 Lubuklinggau)

Kompetensi Dasar :          

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2  Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Kelestarian Lingkungan

Kalian tentu sering mendengar ungkapan sederhana namun penuh makna ini..

Naa..hh…Hari ini kita akan mempelajari tentang  :

  • Apa sih tanggung jawab itu?
  • Mengapa kita perlu memiliki sikap tanggung jawab ?
  • Apa saja contoh-contoh sikap / prilaku tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan ?
  • Tanggung jawab adalah sikap/prilaku tentang kewajiban seseorang terhadap sesuatu yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati.

Kita hidup di dunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus  kita kerjakan, Entah itu tanggung jawab terhadap Tuhan YME, diri sendiri,  Masyarakat, juga Tanggung jawab terhadap                              Lingkungan alam. Tanggung jawab terhadap lingkungan adalah sikap/prilaku tentang kewajibannya menjaga alamnya, mecntai dan melestarikannya. Sikap bertanggung jawab juga sesuai                      dengan pengalaman  sila pertama dalam Pancasila, yaitu Mensyukuri segala nikma dan Karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

  • Tanggung jawab sangat penting untuk pertumbuhan mental dan pribadi seseorang dalam menghadapi dunia yang sebenarnya, agar orang tersebut tidak mengalami kegagalan dan kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Orang yang memiliki sikap bertanggung jawab, akan di hargai oleh orang lain, Dapat di percaya, Menumbuhkan rasa disipli, Dapat menghargai waktu, dan banyak manfaat lainnya, yang akan membuka peluang kesuksesan.
  • Hubungan atau interaksi antara manusia dengan lingkungan ini jika dilakukan dengan tidak bertanggung jawab akan mengganggu keseimbangan dan kelestarian alam. Terganggunya keseimbangan dan kelestarian alam akan berdampak pada kehidupan manusia. Hal Berikut beberapa contoh kegiatan manusia yang tidak bertanggung jawab, di antaranya. :

Penebangan pohon dan pembakaran hutan, Mmbuang sampah di sungai dan sembarang tempat, Penggunaan pestisida yang berlebihan pada tanaman dll.

Contoh kegiatan manusia yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan antara lain : Tidak membuang sampah sembarangan, Tidak menebang pohon sembarangan, Melakukan Reboisasi. Menjaga kebersihan lingkungan dll.

1). Isi Tabel di bawah ini, Manakah kegiatan manusia di bawah ini yang termasuk sikap Tanggung jawab dan sikap Tidak Bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan ! Berikan alasanmu!

  1. Jelaskan 2 prilaku manusia di sekitar mu, yang mencerminkan sikap Tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan !
  2. Ceritakan dampak apa yang di rasakan oleh masyarakat akibat sikap tidak bertanggung jawab terhadap Kelestarian lingkungan !

 

Rekomendasi Berita