oleh

Pendidikan Keluarga Minimalisir Anak Salah Gunakan Gadget

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat
“Ini adalah tantangan kita semua bagaimana para orang tua memperhatikan, mengawasi dan mengarahkan anak-anak mereka dalam penggunaan handphone…”

Dibuka Bupati Muratara

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Keluarga merupakan pilar utama dalam pembentukan karakter kepribadian anak. Terutama orang tua yang merupakan lingkungan pertama dalam pendidikan anak usia dini. Setelah itu, barulah sekolah dan lingkungan masyarakat.

Terlebih era modern ini, teknologi sudah merambah kepada anak balita. Sehingga peran orang tua sangat penting untuk mengawasi anak jangan sampai mendapat pengaruh buruk dari teknologi.

Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), melalui Dinas Pendidikan, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Keluarga kepada sebanyak 50 peserta. Terdiri dari guru, kepala sekolah dan pengawas pendidikan.

Bimtek dilaksanakan selama empat hari, bertempat di Hotel Hakmaz Syariah Lubuklinggau, dengan dibuka langsung oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat didampingi Katua TP PKK Kabupaten Muratara, Lia Mustika, Sekda, H Abdullah Maktjik didampingi Ketua DWP Kabupaten Muratara, Rosmiati Abdullah Maktjik.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengatakan musuh yang dihadapi sekarang ini adalah Narkoba. Bukan hanya orang dewasa yang menjadi sasaran para bandar tapi juga anak-anak yang merupakan aset daerah yang harus dijaga. Khususnya bagi keluarga.

Menurutnya, inilah peran orang tua dan juga peran para peserta bagaimana agar dapat menyosialisasikan kepada masyarakat akan bahaya narkoba.

“Saya tidak mau mendengar ada anak-anak kita kedapatan atau terlibat narkoba, jangan sampai terjadi itu,” kata Syarif Hidayat.

Mengenai pengaruh teknologi, Syarif Hidayat menjelaskan, kemajuan zaman modernitas tidak bisa kita hindari begitu juga terhadap anak-anak generasi sekarang. karena akses teknologi seperti handphone atau gadget sangat mudah diperoleh.

Maka dari itulah, sangat dibutuhkan peran orang tua dalam mengawasi dan mengarahkan putra-putri kita jangan sampai salah guna handphone atau gadget dengan membuka hal-hal yang tidak boleh bagi mereka, kemudian juga mode atau cara berpakaian, terkadang sekarang tidak sesuai pada tempatnya.

“Ini adalah tantangan kita semua bagaimana para orang tua memperhatikan, mengawasi dan mengarahkan anak-anak mereka dalam penggunaan handphone. Termasuk bagaimana mereka berpakaian,”pesan Syarif Hidayat.

Sementara itu, Plt Kepala Disdik Kabupaten Muratara, Ratnawati melalui Kabid Paud, Yuliandriani mengatakan, kegiatan Bimtek ini tidak lain agar para peserta yang berasal dai guru, Kasek maupun pengawas lebih mengetahui akan pendidikan keluarga.

Ilmu yang diperoleh diharapkan dapat diterapkan di lembaga masing-masing dan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kita juga berharap setelah Bimtek ini para peserta dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik secara personal di tempat kerja masing-masing atau nantinya dalam bentuk Kelompok kerja (Pokja),”ungkap Yuli.

Lebih lanjut dijelaskannya, adapun materi yang disampaikan ke peserta oleh narasumber yakni, mendidik anak di era digital, penurunan angka penderita stunting, penguatan pendidikan berkarakter berbasis masyarakat, pengasuhan positif, keterlibatan orang tua di satuan pendidikan dam pembiasaan baik di keluarga.(12)

Rekomendasi Berita