oleh

Pendaftaran Relawan Demokrasi Dimulai

MUSI RAWAS – Tiga KPU Kabupaten/Kota di Bumi Silampari serentak mengumumkan perekrutan relawan demokrasi Pemilu 2019, Senin (14/1). Sebagai tindak lanjut atas surat KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019, tentang Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Anasta Tias, mengatakan setidaknya mereka akan 55 relawan demokrasi. Kemudian, proses perekrutannya melibatkan kelompok masyarakat, seperti pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus. Selanjutnya basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

Menurut Anas, bagi masyarakat yang berniat untuk berpartisipasi di Pemilu 2019, bisa datang langsung ke Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, menyerahkan beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan paling lambat pada 16 Januari 2019.

Terpisah, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Lubuklinggau, Andre Affandi menerangkan, penyerahan dokumen pendaftaran relawan demokrasi dimulai tanggal 10 sampai 16 Januari 2019. Penyerahan dapat diantarkan langsung ke Kantor KPU Lubuklinggau mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Pengumuman beserta formulir syarat pendaftaran relasi dapat dilihat di Kantor KPU atau diunduh di website kpulubuklinggau.go.id.

“Hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 16 Januari, dan 17 Januari langsung dilakukan tes wawancara dan hasilnya akan diumumkan hari itu juga,” kata Andre.

Adapun syarat relawan demokrasi adalah, berusia minimal 17 tahun dan melengkapi berkas, fotokopi KTP, fotokopi izajah minimal SMA sederajat, Foto 4×6 sebanyak 4 lembar, Surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol dalam kurun 5 tahun terakhir. Kemudian, surat pernyataan kesediaan menjadi relawan demokrasi, surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS, surat pernyataan tidak pernah di pidana, surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara pemilu, serta daftar riwayat hidup.

Sementara itu, komisioner KPU Kabupaten Muratara, Netty Herawati mengatakan pendaftaran relawan demokrasi di Muratara telah dimulai pada 11 Januari 2019, dan akan berakhir pada 15 Januari 2019. Pendaftarannya dimulai pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB, di sekretariat KPU Kabupaten Muratara, Jalan Lintas Sumatera, KM 65 Desa Noman, Kecamatan Rupit.

“Semoga, dengan adanya relawan demokrasi mutu pemilu dapat meningkat dari sebelumnya,” kata Netty. (aku)

Rekomendasi Berita