oleh

Pendaftaran Bacaleg Segera Ditutup

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau belum menerima satupun berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang diajukan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2018, Minggu (15/7). Padahal, masa pendaftaran akan ditutup pada 17 Juni 2018. Artinya masa pendaftaran tinggal dua hari lagi.

Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan, sebelum pendaftaran ke KPU Parpol harus terlebih dahulu mendaftarkan Bacaleg mereka ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Password-nya untuk upload sudah diberikan ke Parpol peserta Pemilu.

Adapun Parpol peserta Pemilu 2019, yakni Partai Golkar, Demokrat, PDIP, PKB, Gerindra, NasDem, PAN, PKS, PBB, PPP, Hanura, PKPI, PSI, Partai Garuda, Berkarya dan Perindo.

“Kami sudah memberikan pemberitahuan ke Parpol, kalau ada yang belum dimengerti mengenai syarat pencalonan dapat koordinasi ke KPU. Namun, kalau mengenai akses internet, itu bukan kewenangan kami,” kata Gatot Widjianto, Minggu (15/7).

Proses pendaftaran, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan, di situ sudah dijelaskan batas akhir pendaftaran tanggal 17 Juli 2018. Maka, untuk pendaftaran terakhir kami tunggu sampai pukul 00.00 WIB. Tapi, kalau sudah melampaui waktu tersebut berkasnya tidak bisa diterima.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto mengatakan pihaknya sudah menerima satu berkas pendaftaran Bacaleg yang diajukan Partai Perindo, Minggu (15/7).

Namun, untuk berkas pengajuan dari Parpol lainnya belum diterima, dan memang masa pendaftaran hingga dua hari lagi, atau berakhir pada 17 Juli 2018. Maka, bila sampai waktu yang ditentukan itu Parpol belum juga menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg, KPU Kabupaten Muratara akan berkoordinasi dengan KPU Sumsel hingga KPU RI, terkait langkah yang akan dilakukan.

“Prinsipnya, kalau pendaftaran di atas tanggal 17 Juli, berkasnya kita tolak,” jelasnya.

Kemudian, pada 5 Juli-18 Juli KPU Kabupaten Muratara melakukan verifikasi terhadap persyaratan yang sudah diserahkan Parpol peserta Pemilu, dan hasilnya akan disampaikan pada 19 -21 Juli 2018.

Selanjutnya, ada waktu untuk Bacaleg untuk memperbaiki syarat yang kurang dalam rentang waktu 22 Juli-31 Juli 2018. Kemudian, KPU Kabupaten Muratara kembali melakukan verifikasi terhadap berkas yang sudah diperbaiki tersebut 1-7 Agustus. Pada 8-12 Agustus 2018, akan dilakukan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS), untuk DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Muratara, yang akan diumumkan kepada masyarakat, 12-14 Agustus 2018.

Bila ada tanggapan masyarakat dalam rentang waktu 12-21 Agustus 2018. KPU Kabupaten Muratara akan melakukan klarifikasi ke Parpol atas tanggapan masyarakat, kemudian hasilnya Setelah itu hasilnya akan disampaikan ke Parpol.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi Teknis, Supriadi menjelaskan hingga Minggu (15/7) belum ada satu Parpol yang mendaftarkan Bacaleg mereka. Kemungkinan Parpol mendaftarkan Bacaleg, Senin atau Selasa.

Karena sesuai tahapan, pendaftaran akan dibuka hingga Selasa (17/7) pukul 00.00 WIB.

“Ya kita masih menunggu. Untuk Senin kita buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Namun untuk hari terakhir pendaftaran, kita buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB,” jelas Supri.

Dua syarat, lanjut Supri, yang harus diserahkan oleh 16 Parpol peserta Pemilu. Pertama persyaratan pendaftaran Parpol dengan menyerahkan Form B. Lalu pendaftaran untuk masing-masing Bacaleg per Dapil, dengan menyerahkan form BB yang ditandatangani Ketua dan sekretaris pengurus Parpol.

“Untuk form B yang kita periksa meliputi SK kepengurusan Parpol, AD/ART yang dilegalisir. Form B ini yang tidak boleh lewat dari tanggal 17 Juli. Ketika tidak diserahkan atau tidak lengkap, maka Parpol didiskualifikasi dan tidak bisa mendaftarkan Bacaleg. Namun untuk form Bacaleg ketika ada surat yang kurang lengkap seperti SKCK atau surat dari PN bisa menyusul, ditahapan perbaikan. Mereka diberikan waktu dari 18 – 31 Juli 2018,” jelasnya kembali. (13/01)

Rekomendasi Berita