oleh

Pendaftar PPDB Online Kelabakan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Sejumlah sekolah, mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) System Online tahun ajaran 2018/2019. Ternyata sebagian pendaftar kewalahan dengan teknis baru tersebut.
Erwin (16) alumni SMPN Rupit yang hendak mendaftarkan diri ke SMKN 3 Lubuklinggau mengaku kaget, sekolah tersebut mengadakan PPDB online.

“Saya dari Rupit ditemani kakak. Kebetulan kakak saya kuliah di Lubuklinggau. Jadi saya milih sekolah di Lubuklinggau juga. Sekolah tujuan saya SMKN 3. Karena cita-cita saya punya bengkel motor yang besar. Tapi, sampai di sini kami tidak tahu kalau SMKN 3 PPDB-nya online. Makanya kelabakan ini,” terang Erwin.

Ternyata Erwin juga tidak membawa Kartu Keluarga (KK) ketika ingin mendaftarkan diri. Jadi ia harus kembali ke kost sang kakak untuk mengambil KK.

“Untung KK ado di kosan. Jadi tinggal ambek,” imbuh calon siswa yang akan mengambil jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) ini. Akhirnya, Erwin dibantu oleh panitia PPDB SMKN 3 Lubuklinggau dalam melakukan proses pendaftaran tersebut. Memang, sejumlah panitia sudah siaga sejak pulul 08.00 WIB dalam membantu proses pendaftaran PPDB secara online ini.

Tak hanya Erwin, ada puluhan calon siswa antre untuk mendapatkan bantuan proses pendaftaran online dari panitia.

Kepala SMKN 3 Lubuklinggau Novi, melalui Ketua Panitia PPDB Hamonangan menerangkan, setiap pendaftar wajib membawa KK, Akte Kelahiran, SKHU sementara, dan pas foto 3×4 sebelum log in ke http:/ppdb.smkn3lubuklinggau.sch.id.

“Kalau enggak bawa syarat ini, nggak bisa ngisi formulir secara online itu,” jelas dia.

Menurutnya, proses pendaftaran ketika syaratnya lengkap paling lama hanya 10 menit.

“Setelah itu, nanti akan keluar print out bukti pendaftaran secara online sebanyak dua lembar, lalu diserahkan ke panitia PPDB di sekolah. Dengan menyertakan SKHUN dan SKHUSBN sementara asli, menyerahkan pas foto 3×4 dua lembar, dan menunjukkan akta kelahiran asli. Berkas-berkas ini nantinya akan diverifikasi oleh panitia PPDB SMKN 3 Lubuklinggau. Penyerahan berkas ditunggu mulai pukul 08.00-14.00 WIB,” jelas Hamonangan.

Melihat hari pertama, banyak pendaftar masih gelabakan, Hamonangan dan panitia lain akan berusaha mencari solusi untuk memudahkan calon siswa yang ingin mendaftar. Terutama yang ingin daftar online di sekolah.

“Sebenarnya PPDB online ini diadakan, agar calon siswa nggak harus ke sekolah. Karena banyak siswa SMKN 3 Lubuklinggau ini tinggal di Musi Rawas dan Muratara juga. Terlebih PPDB SMKN 3 juga tidak terikat zonasi. Mereka bisa daftar dari tanggal 25-29 Juni 2018 di rumah, di warnet, maupun via smartphone. Nah, pada tanggal 29 Juni 2018 menyerahkan berkas untuk verifikasi ke SMKN 3 Lubuklinggau juga enggak apa-apa. Karena 29 Juni 2018 itu juga akan disampaikan pengumuman mengenai kapan pelaksanaan tes, dan pengambilan nomor tesnya,” jelas Hamonangan lagi.

Tes yang akan dilakukan 1 Juli 2018 mendatang, terang Hamonangan, yakni Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan mata pelajaran sesuai dengan jurusan yang dipilih.

“Soalnya dibuat guru SMKN 3 Lubuklinggau,” imbuhnya.

Waka Kesiswaan SMKN 3 Lubuklinggau itu mengatakan, tahun ini SMKN 3 Lubuklinggau menyiapkan 12 lokal belajar. Tiga lokal jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dua lokal jurusan Teknik Audio Video (TAV), lima lokal jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan dua lokal untuk siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB).

Mengenai adanya siswa titipan, Hamonangan belum bisa berkomentar banyak tentang itu. Namun ia memastikan, PPDB online ini tujuannya untuk meminimalisir hal tersebut. Sehingga proses penerimaan siswa sesuai dengan prosedural.
***

Jika beberapa SMA/SMK Negeri Lubuklinggau telah menggunakan sistem online dalam pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2018/2019, lain halnya dengan SMAN 6 Lubuklinggau yang masih menggunakan sistem offline atau manual.

Meski begitu, PPDB hari SMAN 6 Lubuklinggau sudah mencapai ratusan pendaftar. Kepala SMAN 6 Lubuklinggau, Agustunizar melalui Ketua Pelaksana PPDB, M Budi Santoso menjelaskan hingga saat ini, pendaftar PPDB di SMAN 6 sudah mencapai 122 calon siswa. Dan ini kemungkinan akan bertambah terus hingga hari ke-4. Karena pendaftaran PPDB dilaksanakan pada 25,26,28 dan 29 Juni 2018,”jelasnya kepada wartawati koran ini, kemarin.

Pada kesempatan ini, Budi juga menjelaskan alasan SMAN 6 masih melaksanakan PPDB secara offline dikarenakan belum adanya web dan agar tidak menyusahkan para calon siswa yang ada di Lingkungan SMAN 6.

“Nah, ada 13 sekolah yang merupakan rayonisasi SMAN 6 , meliputi SMPN 2, 9, 10, 13, 14, 15, SMP Bakti Ibu, SMP Bakti Keluarga, SMP Hubbul Aitam, SMP Integritas Annajiyah, SMP IT An Nida, SMP Ar Risalah dan MTs Mazroilah. Dan untuk yang berada di luar rayon, cukup memenuhi persyaratan surat pindah rayon dari Kabupaten/Kota yang diketahui pihak Provinsi,”paparnya.

Sedangkan untuk daya tampungnya, Budi mengatakan SMAN 6 menyediakan daya tampung sebanyak 288 siswa untuk 7 rombongan belajar (rombel).
“Karena kita tidak mengadakan ujian tes tertulis, jadi peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan perengkingan per jurusan yang diambil dari nilai Ujian Nasional SMP/MTs,”katanya.

Melihat dari calon siswa yang mendaftar, kebanyakan calon siswa berasal dari SMPN 9 dan SMPN 13 Lubuklinggau. Dan untuk pengumuman hasil seleksi PPDB Tahun ajaran 2018/2019 ini akan dilaksanakan pada 5 Juli 2018.

Sedangkan calon siswa yang dinyatakan lulus diterima di SMAN 6 Lubuklinggau, dapat melakukan pendaftaran ulang pada 6-9 Juli 2018 di SMAN 6 Lubuklinggau dengan membawa kelengkapan berkas daftar ulang.

“Dan saya harapkan kepada calon siswa yang mendaftar di SMAN 6 agar nantinya dapat terus memantau perkembangan perankingan PPDB nantinya. Dan semoga pelaksanaan PPDB tahun ini dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Dan tidak ada yang melanggar aturan yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dan bagi yang nantinya tidak berhasil masuk di SMAN 6 agar tidak berkecil hati, mengerti dan dapat menerima dengan bijaksana, karena kita melaksanakan PPDB ini sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. (02/AE02)

Rekomendasi Berita