oleh

Pencuri Sawit Divonis 18 Bulan Bui

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Akibat mencuri buah kelapa sawit milik etnis tionghoa, Yosep Hardiansyah (28) warga Kelurahan Muara Lakitan, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura), harus mendekam dipenjara.

Mengenakan baju seragam tahanan sidang, Kamis (7/6), Yosep dinyatakan bersalah oleh majelis hakim Syahreza Papelma, didampingi Andi Barkan dan Indra Lesmana. Dalam persidangan itu, Yosep dinyatakan melangar Pasal 363 ke-4 KUHP dengan pidan apenjara selama 1 tahun 6 bulan, dipotong selama Yosep dalam tahanan.

Hukuman yang sudah dijatuhkan majelis hakim diterima Yosep, dan putusan itu juga dapat diterima jaksa penuntut umum (JPU) kejaksaan negeri Lubuklinggau, Yuniar.

Maka, dipastikan Yosep menjalani hukuman sesuai dengan putusan majelis hakim, karena putusan yang sudah dijatuhkan itu inkrah dan sudah mengikat.

Kejadian yang membuat Yosep harus lebaran di penjara, berawal dari perbuatan yang dilakukannya pada Sabtu (31/12/2016), sekira pukul 21.00 WIB.

Saat itu, Yosep bersama ER, NV dan DR (ketiganya belum ditangkap) bersepakat untuk melakukan pencurian buah kelapa sawit milik Lichiang Honhhua.

Kemudian, berangkatlah Yosep bersama ketiga rekannya ke kebun kelapa sawit milik korban di Muara Bandar, Kelurahan Muara Lakitan, Kecamatan Muara Lakitan kabupaten Musi Rawas.

Setelah berhasil memanen buah kelapa sawit, hasilnya langsung dijual ke tengkulak yang berada di Desa Prabumulih, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, dan Yosep dapat bagian Rp 900.000.

Namun, sial untuk Yosep karena permasalahan ini dilaporkan korban ke Polsek Muara Lakitan, dan Yosep berhasil ditangkap polisi, sementara ketiga rekannya belum ditangkap polisi. (01)

Rekomendasi Berita