oleh

Pencuri Motor Nyaris Diamuk Massa

LINGGAU POS ONLINE, TABA JEMEKEH – Pencuri motor M Kumbara Sakti alias Barot (21), nyaris diamuk massa. Pria pengangguran yang tinggal di Desa Gading, Kelurahan Kota Gading, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang ini, tertangkap tangan mencuri sepeda motor Honda Beat milik Marlan (47).

Tersangka nekat mencuri motor korban yang terparkir di halaman depan rumah Jalan Sejahtera RT 12 Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Sabtu (30/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat menjalankan aksinya, Barot bersama rekannya Suparno, yang berhasil kabur. Untungnya, perbuatan jahat Barot diketahui korban Marlan, yang keluar dari dalam rumah, dan berteriak sambil berteriak Maling! Hingga tetangganya keluar rumah, dan berhasil meringkus Barot yang sedang mengendarai motor korban, tak jauh dari rumah Marlan. Nyawa Barot nyaris melayang, karena massa yang emosi nyaris melakukan pengeroyokan. Untungnya tersangka berhasil diamankan polisi saat melintas di sana. Meski tak mengalami luka serius di tubuhnya, Barot langsung dibawa ke Mapolres Lubuklinggau.

Sementara rekannya Suparno yang awalnya membonceng Barot sebelum pencurian, kabur setelah temannya ditangkap massa.

Di hadapan polisi, Barot setelah diamankan warga untuk selanjutnya diserahkan ke Polres Lubuklinggau mengakui perbuatannya.

“Peran aku hanya mengawasi situasi. Kalau teman aku, Suparno yang mencongkel motor korban dengan kunci T,” ungkap Barot di hadapan penyidik.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Wahyu Maduransyah ST SIK menjelaskan korban Marlan menceritakan kepada polisi saat itu sedang duduk santai di ruang tengah dalam rumahnya. Saat itu korban melihat seorang laki-laki tidak dikenal masuk ke dalam halaman rumahnya.

“Seorang lagi laki-laki tidak dikenal menunggu di depan pagar rumah korban. Kemudian seorang laki-laki masuk ke dalam rumah dan langsung mendekati sepeda motor milik korban yang sedang terparkir di depan halaman rumah, dan laki-laki itu langsung membuka kunci stang motor itu dengan kunci T,” jelas Wahyu Maduransyah pada awak media.

Korban Marlan langsung keluar rumah dan berteriak maling. Sehingga dua orang tersangka langsung melarikan diri. Namun seorang tersangka berhasil diamankan warga, dan sempat diamuk massa hingga mengalami luka -luka.

Wahyu Maduransyah menambahkan, beruntung saat itu dirinya sedang melaksanakan patroli antisipasi Curat, Curas, Curanmor di seputaran wilayah Lubuklinggau Timur II.

Mendapati informasi tersangka diamankan warga, ia langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan menyelamatkan tersangka dari amukan massa. Selanjutnya saya membawa tersangka berikut dengan Barang Bukti (BB) berupa sepeda motor, ke Polres Lubuklinggau untuk proses hukum lebih lanjut. (AE03)

Rekomendasi Berita