oleh

Pencapaian Target PAD Menjadi ‘PR’ Pemerintah

Yudi : Harus Cari Formula yang Pas

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Sama halnya di Kota Lubuklinggau. Pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga masih menjadi sorotan anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas. Anggota Dewan di Musi Rawas pun mendesak, agar pemerintah mampu menggali potensi-potensi PAD yang ada.

Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas, Yudi Fratama saat dibincangi mengakui, kalau pencapaian target PAD saat ini masih menjadi ‘PR’ pemerintah. Untuk itu ia menegaskan, sudah seharusnya pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terus berupaya untuk meningkatkan PAD.

Salah satunya politisi PDIP ini menyarankan, pemerintah melalui OPD mencarikan formula yang pas dan jitu, yang berdampak mampu menambah PAD.

“Cari kebijakan yang pas, yang dengan memanfaatkan SDA serta SDM yang ada, yang berdampak dengan penambahan PAD. Kita (dewan, red), apapun formulanya, sepanjang semata-mata untuk meningkatkan PAD, kita pasti mendukung,” ungkap Yudi, Senin (4/12).

Ia mengakui, ada penurunan target PAD di APBD induk tahun 2018. Namun target tersebut masih bisa berubah, di APBD- Perubahan.

“Kita terima adanya penurunan target tersebut, setelah mendengarkan alasan serta penjelasan dari pemerintah. Karena kita juga tidak bisa memaksakan harus dinaikkan target PAD dari tahun sebelumnya, ternyata pada akhir target tersebut tidak bisa tercapai. Lebih baik diturunkan targetnya, namun akhirnya yang ditargetkan tersebut tercapai,” ungkapnya.

Meskipun, pihaknya sangat berharap adanya peningkatan PAD tahun 2018 mendatang.

“Kita berharap tentunya ada peningkatan. Sehingga apa yang menjadi motto Bupati, AK5 bisa terealisasi atau tergambarkan di lapangan,” ungkapnya kembali.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Musi Rawas, Alamsyah A Manan menegaskan, adanya penurunan target PAD di APBD 2018 mendatang, masih rasional.

“Namun untuk seluruh Kepala OPD, jangan putus asa dan lengah. Jangan karena target diturunkan, menjadi lemah,” tegasnya.

Komisi III terus mengingatkan masing-masing Kepala OPD, untuk terus gali potensi-potensi PAD lainnya.

“Masih banyak potensi PAD yang bisa digali. Asalkan mau dan serius. Kalaupun ada potensi PAD yang memungkinkan, bisa kita tambah di APBD-P 2018, dan kita tindak lanjuti dengan regulasinya,” tegasnya kembali.

Selain itu, target PAD yang ditetapkan di APBD 2018 juga harus terealisasi dengan maksimal.

“Karena target sudah turun dari target sebelumnya. Aneh kalau target sudah kita rasionalkan, namun belum juga terealisasi dengan maksimal. Ini tugasnya pemerintah, jangan sampai PAD tidak tercapai target,” jelasnya.

Khususnya, untuk Badan Pendapatan Daerah dan retribusi.

“Mereka yang harusnya memaksimalkan, bagaimana agar PAD kita bisa tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan,” tambahnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita