oleh

Pencairan Dana Kelurahan ‘Mandek’

LUBUKLINGGAU – Pencairan Dana Kelurahan tahap pertama ‘mandek’. Hingga minggu kedua Juli 2019 masih belum cair. Padahal sebelumnya Pemerintah Daerah menjanjikan Dana Kelurahan tahap pertama dibayarkan Mei 2019, lalu mundur awal Juli 2019. Sementara sebagian besar lurah sudah menjalankan program sesuai instruksi terkait program Dana Kelurahan.

Program tersebut baik berupa pembangunan atau infrastruktur maupun program pembinaan, bahkan realisasi saat ini sudah disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD).

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengatakan hingga saat ini masih menunggu dan diupayakan secepatnya cair.

Mengingat wacananya tahap kedua akan dicairkan Agustus 2019 mendatang.

“Masih menunggu, sekarang lurah ajukan ke BKD. Semakin cepat mengajukan, akan cepat diproses Agustus tahap kedua akan dibayarkan,” jelas Rahman Sani.

Untuk diketahui setiap kelurahan akan mendapatkan Rp370 juta, dana tersebut diperuntukkan untuk berbagai program termasuk infrastruktur. Selain itu kegiatan kepemudaan, sosial dan ekonomi. Dana Kelurahan ini akan dibayarkan dua kali. Selain Dana Kelurahan, kelurahan juga akan mendapatkan Bantuan Gubernur (Bangub) Sumatera Selatan (Sumsel) Rp25 juta.

Sementara di Kabupaten Musi Rawas (Mura), bakal ada 13 kelurahan yang menerima Dana Kelurahan. Hal itu dipastikan Kepala BPKAD Kabupaten Mura, Zulkifli Idris melalui Sekretaris, Syahrizal Ali, Senin (15/7).

Syahrizal Ali menjelaskan, untuk Dana Kelurahan dianggarkan dari dua sumber yakni APBD yang dialokasikan paling terendah dari Dana Desa (DD). Sedangkan, kedua yakni dari DAU tambahan satu kelurahan sebesar Rp370.178.000.

Jika dikalkulasikan rata-rata setiap kelurahan baik dari APBD maupun DAU menerima Rp1.170.112.000.

“Dalam penggunaan dana tersebut Lurah dianggap Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), termasuk dalam pertanggungjawabannya,” kata Syahrizal Ali.

Sedangkan, untuk sistem pelaporannya menggunakan aplikasi Simda yang mengindukkan ke aplikasi Kabupaten.

“Ya menggunakan aplikasi Simda, dan untuk realisasi Dana Kelurahan dalam satu tahun yakni dua kali penyaluran,” jelasnya. (nia/dlt)

Rekomendasi Berita