oleh

Pemudik Bisa Mandi di Rest Area

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) siaga menyambut pemudik yang melintas di tiga wilayah ini. Salah satu bentuk kesiagaan itu, dengan mendirikan rest area (tempat beristirahat).

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara bersama Polres Mura mendirikan dua posko arus mudik dan arus balik, yakni di Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit dan Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya. Rest area yang dibuka 7-24 Juni 2018 ini untuk pemudik roda dua maupun roda empat, bisa mandi dan cek kesehatan di sini,” terang Kepala Dishub Kabupaten Muratara, Alha Warizmi, Minggu (3/6).

Menurut Alha, rest area disiapkan untuk menghindarkan pemudik dari Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) selama arus mudik maupun arus balik Idul Fitri 1439 hijriah.

Dishub tak sendirian, ada tim Dinas Kesehatan, dan Sat Pol PP serta Polres Mura.

“Untuk personel, dari Pemkab Muratara berjumlah 12 orang, mudah-mudahan lebaran ini tidak terjadi Lakalantas,” harap Alha Warizmi.

Sementara Kepala Dishub Kabupaten Musi Rawas, Adi Winata menjelaskan untuk rest area di Mura, terletak di Terminal Terawas Kecamatan STL Ulu Terawas, dan di samping Masjid Desa Prabumulih II, Kecamatan Muara Lakitan.

Kedua rest area ini akan mulai difungsikan pada H-7 jelang lebaran, yang diprediksikan para pemudik mulai berdatangan.

“Untuk fasilitas, lokasi pertama sengaja kita letakkan di terminal karena fasilitas umum seperti toilet dan musala sudah tersedia. Begitu juga di lokasi kedua sengaja ditempatkan di samping masjid, agar fasilitas toilet dan masjid terpenuhi,” jelas Adi.

Untuk personel, pihaknya sudah menyiapkan 20 personel yang stan by selama arus mudik, dengan sistem shif.

Sementara untuk jalur yang rawan macet ada beberapa, seperti di sepanjang jalan negara dari Kecamatan Muara Beliti hingga Kecamatan Muara Beliti. Lalu di perbatasan antara Desa Rantau Serik Kecamatan TPK dengan Kabupaten Empat Lawang. Biasanya kemacetan, didominasi oleh kendaraan roda empat.

Namun, Adi Winata berkeyakinan kepadatan kendaraan tidak terlalu seperti di daerah lain, makanya sifatnya hanya pelayanan. Bahkan untuk Pospam yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Sat Pol PP untuk tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya, yakni dari sebelumnya 6 pos, untuk tahun ini hanya tiga pos. Yakni di Kecamatan Muara Beliti, Simpang Semambang dan Tugumulyo,” jelasnya. (13/12)

Rest Area Mudik Idul Fitri 1439 H:

  1. Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara
  2. Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara
  3. Terminal Terawas, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas
  4. Di samping Masjid Desa Prabumulih II, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas
  5. Di halaman Rumah Makan Singgalang, Jalan H M Soeharto, Kelurahan Lubuk Kupang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau

Sumber: Dinas Perhubungan

Rekomendasi Berita