oleh

Pemuda Muhammadiyah Laksanakan Baitul Arqom

BANDUNG KIRI – Pemuda Muhammadiyah Kota Lubuklinggau adakan kegiatan Baitul Arqom Perdana pada 2019 dibawah kepengurusan Jamal. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Minggu-Senin (30/6-1/7) di Komplek SMK Muhammadiyah Lubuklinggau.

Kegiatan Baitul Arqom dihadiri Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Lubuklinggau H Hasbi Syaidina Ali, serta pimpinan Aisyiyah  dan tamu undangan sebanyak 50 peserta.

Minggu (30/6), kegiatan Baitul Arqom diisi dengan penyampaian tiga materi yang dibuka langsung oleh H Hasbi Syadina Ali langsung. Materi disampaikan tentang Kemuhammadiyahan, kemudian sejarah pemuda Muhammadiyah diisi oleh Yanto Busro selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Musi Rawas (Mura), dan tuntunan ibadah yang diisi oleh Ustad Marlinaf, selaku Ketua Muhammadiyah yang membidangi ilmu tarjih dan tablig Muhammadiyah Lubuklinggau.

Senin pengisian materi mengenai ideologi dan kepemimpinan Muhammadiyah diisi oleh Syamsul Anwar selaku PDM Lubuklinggau yang membidangi Wakaf. Kemudian materi perspektif politik menurut Muhammadiyah oleh Zulfikar MH selaku Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumsel. Acara juga diselingi pembagian Sembako kepada warga kurang mampu dari Kelurahan Mesat Jaya, Mesat Seni dan Kelurahan Muara Enim sebanyak 10 paket sembako berupa beras, minyak, gandum dan ditutup oleh Zulfikar MH.

Ketua Pemuda Muhammadiyah, Jamal didampingi Sekretaris Pemuda Muhammadiyah, Zulfikar mengatakan kegiatan Baitul Arqom diambil dari kata Baitul yang artinya rumah dan Arqom dari nama sahabat nabi, yakni pemuda pertama kali masuk Islam. Baitul Arqom lalu dicetus langsung oleh pimpinan Muhammadiyah.

“Untuk itu Baitul Arqom merupakan kegiatan pengaderan yang dilakukan oleh organisasi Muhammadiyah, untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang islam dan Kemuhammadiyaan. Kedepannya akan dilakukan setiap enam bulan sekali dengan kegiatan berbeda, tapi tujuan mencetak kader Muhammadiyah yang berkemajuan dalam ilmu agama Islam, ekonomi, politik dan lainnya. Dengan harapan dengan adanya kegiatan Baitul Arqom ini mengharumkan nama baik Muhammadiyah di masyarakat serta mencetak kader-kader yang peduli dengan umat dan bangsa untuk Muhammadiyah yang berkemajuan,” jelasnya. (adi)

Rekomendasi Berita