oleh

Pemkot Tunggu Jawaban Kemenhub

LUBUKLINGGAU – Dua terminal di dalam Kota Lubuklinggau saat ini tidak lagi dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Yakni, Terminal Tipe B Petanang saat ini dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sedangkan Terminal Tipe A Simpang Periuk dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Namun sayangnya pengelolaan dua terminal tersebut dinilai kurang optimal, bahkan Terminal Tipe A saat ini tidak berfungsi sama sekali. Sedangkan Terminal Tipe B Petanang tidak terawat, padahal kedua terminal ini berada di daerah perbatasan.

“Artinya saat orang masuk ke Kota Lubuklinggau, khususnya dari arah Palembang akan melihat Terminal Tipe A yang semrawut, dan dari arah Jambi melihat Terminal Tipe B yang tidak terawat otomatis akan memengaruhi citra Kota Lubuklinggau,” kata Tarmizi, Kabid Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau kepada wartawan, Rabu (16/1).

Menurut Tarmizi, Pemkot Lubuklinggau sudah berupaya meminta pengalihan pengelolaan kedua terminal tersebut kembali diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau. Untuk Terminal Tipe A Simpang Periuk, sebelumnya sudah ada pertemuan antara Pemkot Lubuklinggau dengan Kemenhub RI khususnya Dirjen Angkutan Darat.

Sedangkan untuk Terminal Tipe B Petanang, Pemkot Lubuklinggau juga sudah melayangkan surat ke Pemprov Sumsel.

“Saat ini masih menunggu jawaban dari Pemprov Sumsel, untuk Tipe A Petanang mudah-mudahan akan diserahkan,” ungkap Tarmizi.(nia)

Rekomendasi Berita