oleh

Pemkot Tinjau Ulang Program UHC, Nanan : Jika Semua Di-cover Negara Rugi

“…Kalau semuanya di-cover termasuk yang mampu, rugi negara ini…”

* Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe

LINGGAUPOS.CO.ID- Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe tegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau tidak akan lepas dari Program BPJS Kesehatan. Hanya ditegaskan Nanan sapaan akrab Wali Kota Lubuklinggau, program UHC akan mereka tinjau ulang.

Terutama ditegaskan Nanan, terkait penerima program BPJS gratis dari Pemkot Lubuklinggau. Pihaknya akan menyisir ulang dan melakukan evaluasi terkait warga miskin yang tergabung dalam program jaminan kesehatan.

“Kita tidak menolak program BPJS. Kenapa, karena program pemerintah pusat terutama melalui program KIS sudah melampaui dari jumlah penduduk miskin kota Lubuklinggau. Saat ini jumlah penduduk miskin kita bantu melalui program KIS sebanyak 61 ribu orang,” ungkapnya.

Sementara dilanjutkan Nanan, jumlah warga miskin yang ada di Kota Lubuklinggau berdasarkan data Badab Pusat Statistik (BPS) dan KPM PKH sebanyak 29 ribu orang. Artinya semua warga miskin sudah dibantu melalui program KIS, sisanya untuk warga kita yang rentan kemiskinan. Belum lagi tahun 2020, Pemkot juga mendapat bantuan program kesehatan sebanyak 15.800 orang dari Gubernur Sumsel.

“Makanya tahun ini, Pemkot akan anggarkan sama seperti Pemprov, sebanyak 15.800 orang. Kalau ditotal 61 ribu orang dibantu melalui program KIS, ditambah program Pemkot dan bantuan provinsi sebanyak 31 ribu, semua warga miskin dan rentan kemiskinan kita sudah ter-cover. Lalu untuk apa UHC. Kalau semuanya di-cover termasuk yang mampu, rugi negara ini,” ungkap Nanan.

Nanan meyakini, program warga miskin yang sudah dianggarkan saat ini akan tetap dijalankan. Namun sifatnya hanya untuk membantu warga miskin yang belum tergabung dalam program kesehatan sama sekali atau yang menunggak.

“Program kita ini untuk mem-back up warga miskin yang tercecer, seperti warga miskin yang nunggak BPJS akan kita bantu melalui program ini, sifatnya back up,” jelasnya.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul”Pemkot Tinjau Ulang Program UHC”

Rekomendasi Berita