oleh

Pemkot Susun Jadwal Selesaikan Sengketa

LINGGAU POS ONLINE – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau telah membentuk tim penyelesaian sengketa lahan eks PT Cikencreng, bahkan tim tersebut melibatkan lembaga sektoral. Baik Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Lubuklinggau, Polres Lubuklinggau, dan Kodim 0406 MLM.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani kepada wartawan, Rabu (7/8) mengatakan tim dan anggota tim sudah dibentuk sejak beberapa waktu lalu, bahkan SK tim tersebut sudah dibagikan ke masing-masing anggota. Tim yang dibentuk tersebut saat ini tengah menyusun jadwal, baik mulai dari sosialisasi dan pendataan.

“Dari pendataan tersebut nanti baru kita tahu berapa lahan yang digunakan,” kata H Rahman Sani.

Rahman Sani, meminta masyarakat untuk kooperatif dengan memberikan data terperinci.

“‘Setelah itu tim akan kroscek ulang ke lapangan,” tegasnya.

Rahman Sani: “Pemerintah sudah buat tim, dan menyusun jadwal, mulai dari sosialisasi dan pendataan”

Sementara itu Kepala Kantor BPN Kota Lubuklinggau, Bukhori mengatakan pihaknya masih menunggu penetapan subjek dan objek dari Walikota Lubuklinggau. Hal ini mengacu pada Keputusan Presiden (Kepres) No.34 Tahun 2003 tentang 9 Kewenangan RI yang diambil alih kepala daerah.

“Makanya kita harus segera turun dan pendataan terlebih dahulu, dan memang harus terjadwal sehingga dapat cepat selesai. Jangan sampai ada pihak-pihak yang ‘menggoreng’nya,” tegas Bukhori.

Menurut Bukhori, untuk program BPN Kota Lubuklinggau sudah siap baik program PTSL maupun program retribusi tanah dengan kuota 1.000 persil.

“Baik Sumber Daya Manusia maupun program kami siap,” cetusnya.(nia)

Rekomendasi Berita