oleh

Pemkot Sosialisasi Aplikasi e-Goverment

GUNA meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses, serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan. Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau adakan sosialisasi dan penerapan aplikasi e-Goverment di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau atau Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMaya), Kamis (2/11).

Acara dilaksanakan di ruang rapat Op Room Moneng Sepati, dibuka oleh Sekda Kota Lubuklinggau H A Rahman Sani dan dihadiri oleh Kadiskominfo Lubuklinggau Erwin Armeidi, Kadiskominfo Muratara Al Azhar, dan Kadiskominfo Musi Rawas, Bambang Hermanto serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan pemerintah kota Lubuklinggau.

Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Kemkominfo RI yakni Bambang Dwi Anggono Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Goverment dan Hasyim Gautama Kasubdit Aplikasi Layanan Kepemerintahan yang memberikan materi masing-masing tentang Teknologi dan Infrastruktur e-Goverment dan Aplikasi Layanan Kepemerintahan (SiMaya).

Kadiskominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengungkapkan kegiatan ini didasari Undang-Undang (UU) No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sebagai salah satu upaya nyata dalam memajukan pemikiran dan kemampuan dalam bidang penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi. Lalu PP No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik, Inpres No. 03 Tahun 2003 tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Proses (Penyelenggaraan) Pemerintahan, Surat Edaran (SE) MenPan No.05 Tahun 2013 tentang Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) pada instansi pemerintah.

“Berbicara masalah sistem pemerintahan elektronik (e-Government). Kita tidak hanya berbicara tentang aplikasi e-Government-nya saja tetapi kita juga perlu memperhatikan tentang teknologi dan infrastruktur e-Government-nya,” jelas Erwin.

Karena menurut dia, kedua hal tersebut merupakan dua hal penting yang saling berkaitan. Sebuah sistem aplikasi e-Government dapat berjalan dengan baik jika seluruh infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)-nya sudah berjalan dengan baik pula. Dalam pengembangan sistem pemerintahan elektronik (e-Governtment), kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi bekerja sama dengan Kemenkominfo telah mengembangkan sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi.

“Aplikasi ini disebut dengan SiMaya yaitu sistem administrasi perkantoran maya yang merupakan aplikasi e-Office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-Office sebelumnya. SiMaya merupakan proses kegiatan surat menyurat yang dilakukan secara elektronik dengan mengakses internet,” ungkapnya. (Rls/09)

Komentar

Rekomendasi Berita