oleh

Pemkot Siapkan LPG 5 Kg

Operasi Pasar Hari Ini

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Operasi Pasar (OP), guna mengendalikan harga sejumlah komoditas jelang Natal dan Tahun Baru terus berlanjut. OP untuk yang kelima kalinya ini, dilaksanakan halaman eks Kompi Jalan Yos Sudarso Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kamis (21/12).

OP dilaksanakan Badan Urusan Logistik (Bulog) Drive III Lubuklinggau bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Lubuklinggau, yang di-launching langsung oleh Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar.

Kadisprindag Kota Lubuklinggau, H. M Hidayat Zaini melalui Kabid Pengendalian Barang Pokok dan Penting, Devi Ulvasari Saryosa mengatakan, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan harga sejumlah komoditas, salah satunya harga bahan pokok.

“Berdasarkan pengalaman kita pada tahun-tahun sebelumnya, sering terjadi kenaikan harga. Makanya menjelang natal dan tahun baru kita laksanakan OP,” kata Devi panggilan akrabnya.

Direncanakan, pihaknya akan melaksanakan OP selama menjelang akhir tahun ini. OP akan dilanjutkan sesuai permintaan dan kebutuhan.

“Saat OP, kita tidak akan membatasi jumlah pasokan. Berapa pun kebutuhan warga, maka akan berikan,” ungkapnya.

Untuk kali ini pihaknya menjual sembako dengan harga murah, seperti minyak sayur Rp 11.000 per Kg, gula pasir Rp 12.000 per Kg, dan gandum Rp 8.000 per Kg. Serta beras tentunya, dengan harga Rp 8.000 per Kg.

“Kali ini kami menghabiskan beras dua ton, minyak 60 Kg, gula pasir 80 Kg dan gandum 50 Kg. Harapannya, dengan dilaksanakannya OP, harga sejumlah komoditas di pasaran akan terkontrol. Jangan sampai terjadi lonjakan harga,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Sumadi Supardji menjelaskan, harga sejumlah komoditas hingga jelang pergantian tahun memang cenderung mengalami kenaikan. Karena di Lubuklinggau, konsumsi beberapa komoditas akan mengalami peningkatan seiring datangnya musim liburan.

“Sentra-sentra kuliner akan diserbu oleh wisatawan. Maka secara otomatis intensitas memasak mereka juga akan lebih tinggi,” jelasnya.

Sumadi mengaku, hari ini cuma menggelar operasi empat bahan pokok saja, nanti besok selain empat bahan pokok, pihaknya juga menyediakan LPG ukuran 5 Kg, dengan stok sebanyak 500 tabung.

Rencananya, OP besok (hari ini, red) akan laksanakan di pasar simpang periuk. pihaknya, akan melibatkan Sat Pol PP dan Satgas sebanyak lebih kurang 30 orang.

“Harapan kita, dengan adanya OP beras, dapat membantu atau meringankan beban warga Kota Lubuklinggau,” harapnya. (CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita