oleh

Pemkot Siap Kembangkan Wisata Watervang

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhie Prabowo melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) pada Rabu (23/01).

Setiba di Kota Lubuklinggau, Edhie langsung mengunjungi irigasi dan Bendungan Watervang di Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Dalam Kunker-nya bersama 11 anggota DPR lainnya, ia juga didampingi langsung Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menunjukan sejarah bendung Watervang kepada Ketua Komisi IV DPR RI, Edhie Prabowo, Rabu (23/1). FOTO : GERY/LINGGAU POS

“Kami berterima kasih karena Pak Wali secara langsung turut mendampingi kunjungan ini, karena jarang biasanya seorang wali kota mau mendampingi Kunker anggota DPR,” ujarnya.

Menurutnya, Bendungan Watervang yang telah ada sejak tahun 1941, hingga saat ini belum pernah diperbaiki secara signifikan. Padahal, irigasi di Watervang sangat vital dalam mendukung cadangan beras secara nasional.

Irigasi Watervang ini diketahui mengairi ribuan sawah di Lubuklinggau dan Musi Rawas. Selain itu, pembudidayaan ikan dan petani selalu berebut air yang berasal dari bendungan.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Komisi V yang menaungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Kementerian Pekerjaan Umum agar Watervang dapat diperbaiki.

“Minimal untuk merawatnya, kita akan koordinasikan dengan Komisi V bagaimana menyinkronkan ini. Jika sektor balai minim anggaran, saya pikir ini bisa diarahkan ke kota (pengelolaannya), karena ini juga bisa dijadikan potensi wisata, ada aturannya, asal jangan dobel anggaran,” jelasnya.

Dalam kunjungan ini, Edhie Prabowo beserta rombongan juga menikmati duku bersama. Terlihat, ia sangat menikmati buah duku yang disajikan.

Sementara Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengaku pihaknya sudah dari dulu ingin mendapatkan izin pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) Watervang. Sejumlah ide pengembangan untuk menjadi wisata juga sudah lama ada.

“Kemarin kita fokus ke Air Terjun Temam juga Bukit Sulap. Ke depan kita fokus ke sini. Ya doakan saja beliau jadi lagi (anggota DPR RI), sehingga dapat merealisasikan hal ini,” katanya. (rls)

Rekomendasi Berita