oleh

Pemkot Lubuklinggau Laksanakan Musrenbang Melalui Vidcom

LINGGAUPOS.CO.ID- Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau selenggarakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2021, Kamis (16/4). Musrenbang kali ini sedikit berbeda, karena diikuti oleh peserta melalui Video teleconfrence (Vidcon).

ARAHAN – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan arahan saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2021 di Balai Kota, Kamis (16/4).

Musrenbang yang dilaksanakan di Balai Kota tersebut, hanya dihadiri Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Wawako H Sulaiman Kohar, Sekretaris Daerah (Sekda) H Rahman Sani, Dandim 0406 MLM Letkol Inf Aan Setiawan, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya, Kepala Bappeda selaku penyelenggara kegiatan, Hj Farida Aryani, Kepala Diskominfo Erwin Armeidi, Kepala Dinkes Cikwi serta beberapa kepala OPD lainya.

LAPORAN – Kepala Bappeda Kota Lubuklinggau, Hj Farida Aryani menyampaikan laporan kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2021 di Balai Kota, Kamis (16/4).

Sementara selebihnya, peserta seperti kepala OPD, Camat, Lurah hingga Ketua RT dan narasumber dari Bappeda Provinsi melalui Vidcon ditempat mereka masing-masing.

Usai membuka kegiatan Musrenbang Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan Musrenbang kali ini lebih ke penyampaian informasi kalau kondisi sumber dana di Lubuklinggau sangat terbatas. Untuk itu yang harus diakukan adalah upaya peningkatan PAD dan menyampaikan program ke Pemprov dan pusat agar bisa mendapat bantuan.

“Lubuklinggau sebetulnya sudah mendapat bantuan seperti pembangunan jalan strategis menuju Bandara, lalu pembangunan TPA Rp 25 miliar, untuk kawasan ulung Rp 15 miliar. Lalu bantuan dari Pemprov juga ada. Selebihnya kita lakukan dengan keterbatasan, makanya kita lakukan skala prioritas karena anggaran kita terbatas. Contoh kita punya program 1.000 sampai 2.000 anggaran dan anggaran kita memang Rp 1 triliun, tapi kemampuan kita hanya Rp 200 miliar,’ kata Nanan, sapaan akrabnya.

Ia pun ingatkan Lurah dan Ketua RT, solusi sekarang sudah ada dengan Dana kelurahan. Untuk itu setiap Musrenbang selalu ia tegaskan kalau semua program akan dilaksanakan namun secara bertahap berdasarkan skala prioritas.

“Kita juga menyampaikan langkah dan upaya kita terkait penanganan Covid-19 di Lubuklinggau. Kita sudah ikuti instruksi Presiden, kita siapkan APD dan upaya lainya,” tambah Nanan.

Kepala Bappeda Kota Lubuklinggau, Hj Farida Aryani saat menyampaikan laporan kegiatan mengatakan, Musrenbang RKPD ini awalnya dijadwalkan pada 23 April lalum namun karena ada pandemi Covid-19 kegiatan ini baru bisa diselenggarakan hari ini. Ia mengakui pelaksanaan kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, karena melalui Vidcon.

“Musrenbang ini tahapan penyempurnaan penyusunan dokumen RKPD untuk tahun 2021, yang mana dalam penyusunanya nantu tetap berpegang kepada regulasi yang ada. Peserta diikuti seluruh perangkat daerah yang ada, OPD hingga Ketua RT melalui Vidcon,” jelas Farida.(*)

Rekomendasi Berita