oleh

Pemkot Komitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Tiga Puskesmas Dinilai Komisi Akreditasi

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Lubuklinggau terus memastikan pelayanan kesehatan dapat dirasakan dengan maksimal oleh seluruh masyarakat di kota ‘Sebiduk Semare’ ini. Terutama, pelayanan kesehatan setiap Puskesmas yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau.

Komitmen ini ditunjukkan, dengan memastikan setiap Puskesmas yang ada sudah terakreditasi. Bahkan Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau sudah melaksanakan kegiatan Survei Akreditasi Puskesmas di wilayah Kota Lubuklinggau serta welcome meeting survei akreditasi Puskesmas, bersama komisi akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Saat kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H A Rahman Sani didampingi Kepala Dinkes Kota Lubuklinggau, Idris menyampaikan kalau Pemkot fokus dalam meningkatkan mutu pelayanan di setiap Puskesmas yang ada, kepada Tim Surveyor Akreditasi Kemenkes RI, dr Frisdawati Amran dan tim pendamping dari Dinkes.

Dengan survei akreditasi beberapa waktu lalu, pemerintah mengharapkan Puskesmas di wilayah Kota Lubuklinggau dapat meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya, meningkatkan kinerja Puskesmas, serta wajib melaksanakan akreditasi setiap 3 tahun satu kali.

“Saat ini di Kota Lubuklinggau sudah terdapat lima Puskesmas yang telah terakreditasi,” jelas Rahman Sani.

Lima Puskesmas yang telah terakreditasi yaitu Puskesmas Taba dengan akreditasi tingkat madya dan Puskesmas Sidorejo dengan akreditasi tingkat dasar pada tahun 2017, Puskesmas Megang dengan akreditasi tingkat madya, Puskesmas Sumber Waras dengan akreditasi tingkat dasar dan Puskesmas Citra Medika dengan akreditasi tingkat madya pada tahun 2018.

“Di tahun 2018 ini juga akan diadakan akreditasi Puskesmas Perumnas, Puskesmas Swasti Saba dan Puskesmas Simpang Periuk. Saya berharap kepada tim surveyor komisi akreditasi dari Kemenkes RI agar dapat membantu dalam penilaian akreditasi dengan hasil yang memuaskan,” harap Sekda. (rfm)

Rekomendasi Berita