oleh

Pemkab Segera Ajukan Raperda Pembubaran Dua PD

Mura Energi dan Mura Makmur

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura) melalui Juru Bicara (Jubir) Pansus II, Tumiran sudah menjelaskan alasan usulan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perseroan Terbatas (PT) Musi Rawas (Mura) Sempurna, belum bisa dilanjutkan. Dan meminta Pemkab Mura, segera melengkapi persyaratan yang belum dilengkapi.

Karena berdasarkan pasal 10 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD dijelaskan, Kepala Daerah harus menyampaikan surat usulan pembentukan BUMD ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Nanti, hasil penelitian pihak Mendagri terhadap usulan tersebut, menjadi dasar kepala daerah mengusulkan Raperda tentang pembentukan BUMD. Pansus II DPRD Mura mau melanjutkan pembahasan, ketika eksekutif sudah melengkapi persyaratan.

Alasan selanjutnya, Pansus II DPRD Mura meminta Bupati untuk segera membubarkan dua Perusahaan Daerah (PD) sebelumnya, PD Mura Energi dan Mura makmur agar tidak menimbulkan dampak. Dan terakhir, meminta eksekutif segera sampaikan mengenai aset secara rinci dua PD sebelumnya ke DPRD Kabupaten Mura.

“Kita putuskan bersama, Raperda ini belum bisa dilanjutkan. Kita minta, apa yang menjadi persyaratan segera dilengkapi Pemkab Mura,” tegas Tumiran.

Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti menegaskan pihaknya sedang mempersiapkan apa yang menjadi kendala belum dilanjutkannya usulan pembentukan PT Mura Sempurna. Salah satunya, mempersiapkan Raperda tentang pembubaran dua PD sebelumnya, yakni Mura Makmur dan Mura Energi.

Target Pemkab Mura dalam waktu dekat akan menyelesaikan Raperda tersebut dan bisa segera diusulkan ke DPRD untuk dibahas. Nanti sambil menunggu pembahasan Raperda ini, pihaknya juga sedang mempersiapkan syarat-syarat lainnya untuk pengajuan kembali pembentukan PT Mura Sempurna.

“Yakni mempersiapkan surat usulan pembentukan BUMD baru ke Mendagri. Agar hasil penelitian pihak Mendagri terhadap usulan tersebut, bisa menjadi dasar kami untuk kembali mengusulkan Raperda tentang pembentukan PT Mura Sempurna,” jelas Suwarti.

Sebelumnya Bupati Mura, H Hendra Gunawan juga mengungkapkan pihaknya menerima Raperda yang mereka usulkan tentang pembentukan PT Mura Sempurna harus ditunda. Dengan Alasan, ada persyaratan yang belum mereka lengkapi.

Mengenai pembubaran dua PD sebelumnya sedang kita bahas, dan Raperda tentang pembubaran dua PD tersebut segera diusulkan ke Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mura, untuk dimasukkan dalam Propemperda tambahan tahun 2018. (13)

Rekomendasi Berita