oleh

Pemkab Muratara Terima Mobil Pustaka Keliling

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

PEMERINTAH Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terima kendaraan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional RI.

Penyerahan kendaraan jenis, Toyota Hilux dengan Nomor Polisi B 9785 PQV yang juga dilengkapi digital signal, laptop, genset, proyektor layar proyektor dan modem, dan koleksi buku 400 judul, untuk dibaca oleh masyarakat umum, khususnya di daerah terpencil. Karena itu yang diutamakan adanya MPK.

Penyerahan dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI, Dra Woro Titi Haryanti kepada Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat di halaman Kantor Bupati Muratara, Senin (11/12).

Dalam sambutannya Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, selain mengungkapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Perpusnas RI
“Terima kasih untuk bantuan kendaraan perpustakaan kelilingnya, ini sudah memang kita minta, baru dapat bantuan,” kata Syarif Hidayat, Senin 11/12).

Dengan adanya perpustakaan keliling ini, mudah-mudahan meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para anak usia sekolah, dengan jemput bola agar anak-anak Muratara cinta membaca, sehingga mencerdaskan putra-putri anak Muratara.

“Tugas Diknas untuk membantu dan memotivasi para anak-anak di sekolah. Begitu juga DPMD-P3A, Kominfo, untuk membantu menyosialisasikan di Kecamatan dan desa terlebih lagi dengan menyinkronkan program yang dilaksanakan Dinasp perpustakaan,” pesan Syarif Hidayat.

Sementara itu, Woro Titi Haryanti menyampaikan rasa senang telah menjalankan program ini, di mana ini program utama. Agar membuka, mendekatkan akses membaca ke masyarakat.

“Setidaknya 15 menit membaca sebelum belajar dapat memberikan pengetahuan bagi anak-anak kita, di Mobil ini juga dilengkapi multimedia, ada proyektor jadi bisa nonton terkait perkembangan teknologi yang ada,” terangnya.

Menurutnya, Minat baca masyarakat Indonesia secara statistik rendah. Untuk itu melalui Perpustakaan keliling dapat memotivasi masyarakat untuk suka membaca sehingga meningkatkan minat baca masyarakat.

“Harapannya dengan Perpustakaan keliling ini informasi lebih dekat dan cepat,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muratara, Ralin Jufri menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih atas bantuan Perpustakaan Nasional RI.

Menurutnya, dengan adanya MPK ini dapat mewujudkan masyarakat yang cerdas sebagaimana tujuan Bupati dan Wakil Bupati Muratara HM Syarif Hidayat dan H Devi Suhartoni yakni Mewujudkan Kabupaten Muratara yang Makmur Aman Cerdas dan Bermartabat.

“Tentunya, kita mengucapkan terima kasih banyak kepada Perpustakaan Nasional RI, dalam hal ini diwakili oleh Deputi bidang pengembangan sumber daya perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI, ibu Dra Woro Titi Haryanti, harapannya dengan MPK ini dapat mewujudkan masyarakat yang cerdas sebagaimana visi misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara,” terangnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita